Tanggal Peluncuran Mobil Listrik Nissan Leaf di Indonesia Terungkap

Berita Otomotif

Tanggal Peluncuran Mobil Listrik Nissan Leaf di Indonesia Terungkap

JAKARTA – Mobil listrik Nissan Leaf siap mengaspal secara resmi di Indonesia, tak sampai seminggu dari sekarang.

Nissan, pada Kamis (12/8/2021) malam, mengirimkan surat undangan peluncuran sebuah produk. Di dalam invitasi digital tersebut, tertera jelas identitas model yang akan mereka hadirkan, lengkap dengan tanggalnya.

“PT. Nissan Motor Distributor Indonesia (NMDI) bermaksud mengundang rekan media untuk hadir di acara Virtual Media Launch The All New Nissan Leaf yang diadakan pada Rabu 18 Agustus 2021 pukul 09.30 WIB,” tulis mereka.

Seperti hampir semua peluncuran mobil baru selama masa pandemi Covid-19, introduksi resmi Leaf di pasar Indonesia juga dilakukan secara virtual.

Sebelumnya, pada 26 Juli 2021, pabrikan otomotif yang bermarkas di Yokohama ini sudah memberikan bocoran informasi terkait rencana peluncuran mobil barunya di Indonesia via media sosial.

NMDI lewat akun instagram-nya @nissanid, mengunggah foto siluet yang menampakkan buritan sebuah hatchback bertuliskan ‘Zero Emission’ di sebelah kanan dan ‘Leaf’ di sebelah kiri.

mobil listrik Nissan Leaf

“Nissan Lovers, bersiaplah untuk kehadiran produk terbaru Nissan di Indonesia yang akan memberikan rasa baru berkendara ramah lingkungan. Menjadi partner berkendara dengan teknologi mutakhir dari masa depan yang siap menemani Anda,” demikian tulis akun tersebut.

Kemudian pada 2 Agustus, Nissan mengumumkan harga promosi Leaf yaitu Rp649 juta (tipe Single Tone) dan Rp651 juta (tipe Dual Tone) untuk wilayah Jakarta dan sekitarnya. Banderol itu berlaku pada masa pre-booking yang berlaku sampai 17 Agustus mendatang.

Leaf bakal menjadi mobil berteknologi ‘hijau’ kedua Nissan di Indonesia. Model pertama mereka adalah Kicks e-Power, SUV hybrid yang meluncur secara resmi di Indonesia pada September 2020.

Kehadiran Leaf bakal memeriahkan persaingan di segmen mobil listrik murni yang memang berkembang lebih cepat dua tahun belakangan. Semua berkat rencana pemerintah memberikan berbagai insentif bagi merek yang berkomitmen melakukan perakitan mobil dengan teknologi elektrifikasi di dalam negeri.

mobil listrik Nissan Leaf

Di antara sederet insentif itu ada tarif Pajak Penjualan Barang Mewah (PPnBM) spesial yang berlaku mulai 16 Oktober 2021. Pemerintah juga sudah membuat roadmap (peta jalan) industri mobil listrik di Tanah Air.

Hingga saat ini, pilihan mobil listrik dari agen pemegang merek (APM) cukup beragam, meliputi Renault Twizzy, BMW i3s, Lexus UX 300e, Hyundai Ioniq Electric, Kona Electric, dan DFSK Gelora E.

Pilihan makin banyak jika memperhitungkan model hybrid dan plug-in hybrid (PHEV). [Xan/Ses]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar