Harga, Spesifikasi dan Pilihan Bekasnya Toyota Fortuner

Panduan Pembeli

Harga, Spesifikasi dan Pilihan Bekasnya Toyota Fortuner

Harga dan Spesifikasi Toyota Fortuner – Toyota Fortuner sudah ada di Indonesia sejak 2005 dan menjadi salah satu idola keluarga di Tanah Air. Tampilannya yang gagah dan kokoh membuat mobil ini banyak peminatnya terutama dari kaum adam.

Toyota Fortuner disodorkan ke pasaran dalam dua pilihan jenis mesin yakni bensin dan diesel. Meskipun varian mesin bensin kurang diminati karena beberapa kekurangan terutama konsumsi bahan bakar boros.

Di segmen SUV diesel, salah satu produk andalan PT Toyota Astra Motor (TAM) ini memiliki rival berat yakni Mitsubishi Pajero Sport. Meskipun di pasaran masih ada beberapa SUV medium peminum solar lain seperti Chevrolet Traiblazer, Ford Everest, Nissan Terra, Isuzu Mu-x, Hyundai Santa Fe, dan Kia Sorento, namun persaingan Fortuner dan Pajero Sport tetap mendominasi.

SUV medium penenggak solar ini menjadi favorit tidak hanya karena tren di dunia, namun harga yang ditawarkan masih lebih terjangkau daripada SUV premium yang lebih dahulu hadir.

Sebelum masing-masing pabrikan menawarkan kendaraan di kelas ini, pilihannya cukup terbatas. Sebut saja Toyota dengan Land Cruiser atau Mitsubishi Pajero (bukan sport). Perbandingan harga kedua segmen tersebut (medium dan Premium) bisa dibilang tiga kali lipatnya.

Harga Toyota Fortuner mulai Rp 483 jutaan dan Mitsubishi Pajero Sport Rp 502 jutaan. Masih lebih murah dibandingkan dengan harga Toyota Land Cruiser Rp 2,2 miliar dan Mitsubishi Pajero yang harganya gelap karena tidak lagi dipasarkan oleh Mitsubishi Indonesia.

Pada 2016, Toyota menghadirkan generasi kedua Fortuner dengan tampilan lebih gagah namun tetap menonjolkan kesan elegan. Mobil ini mengusung Bahasa desain ‘New Tough and Bold Design’ yang membuatnya tampak lebih berkelas.

Mesin Toyota Fortuner

Toyota menawarkan dua pilihan mesin untuk Fortuner yakni bensin dan diesel. Jantung mekanisnya berkode 2TR-FE dengan kapasitas 2.7 liter. Sementara mesin dieselnya menggunakan kode 2GD-FTV berkapasitas 2.4 liter.

Mesinnya disandingkan dengan opsi transmisi manual 6-percepatan dan otomatis 6-percepatan. Lalu konsumen juga memiliki dua pilihan penggerak yakni 4X2 RWD (Real Wheel Drive) dan 4X4.

Sumber daya SUV andalan Toyota ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 149.6 Ps pada putaran 3.400 rpm, sementara torsi puncaknya mencapai 400 Nm pada 1.600 – 2.000 rpm untuk varian diesel. Sedangkan untuk mesin bensinnya diklaim mampu menghasilkan daya 163 ps pada 3.400 rpm dan torsi puncaknya 24.7 Kgm pada 4.000 rpm.

Interior Toyota Fortuner

Masuk ke dalam, Fortuner menawarkan bentuk dashboard yang tidak terlalu mewah. Namun fitur-fitur yang diusungnya cukup untuk memberikan kenyamanan semua orang di dalamnya. Terutama bagi konsumen yang memilih varian tertinggi SRZ, VRZ, dan TRD Sportivo.

Tiga varian teratas Fortuner menawarkan fitur-fitur hiburan seperti layar monitor dengan kemampuan mirroring dari gawai (Miracast), Bluetooh telephony, voice command hingga browsing internet.
Layar Monitor Toyota Fortuner

Selain hiburan, fitur yang memberikan kenyamanan berkendara antara lain climate control untuk membuat suasana kabin tetap adem, meskipun di luar panas terik. Bagi penumpang belakang, tersedia monitor untuk penumpang baris kedua maupun ketiga.

Bagi pengemudi sendiri terdapat bantuan yang kian memudahkan perannya di balik setir meliputi paddle shift, audio switch control dan cruise control. Panel instrument juga dibuat lebih menarik berkat permainan warna dan tata letak yang baik.

Salah satu keunggulan Toyota Fortuner dibandingkan pesaing beratnya adalah kelapangan ruang kabin, terutama pada baris pertama hingga kedua. Meskipun pada baris ketiga relatif sama saja dengan kompetitornya.

Dimensi Toyota Fortuner

Toyota Fortuner sebagai SUV medium memiliki bodi yang cukup besar. Adapun dimensi panjangnya mencapai 4.795 mm, lebar 1.855 mm dan tinggi 1.835 mm. Bodinya memang lebih besar daripada generasi sebelumnya, ini juga berimbas pada kenyamanan di dalam kabin.

Kenyamanan kendaraan ini juga ditopang dengan sistem kaki-kaki yang mumpuni. Fortuner menggunakan suspensi double wishbone dengan koil spring and stabilizer pada bagian depan. Sementara untuk belakang dilengkapi suspensi sistem 4-link with lateral.

Kombinasi peredam kejut tersebut, memberikan peredaman maksimal yang dapat dirasakan pada saat bermanuver di jalan. Selain suspensi yang kokoh, mobil ini juga mengandalkan velg 18 dan dibungkus ban berukuran 265/60 sehingga menambah kesan gagah.

Daftar Harga Toyota Fortuner 2021

  • 4X2 2.7 SRZ A/T Bensin TRD Rp 604.100.000
  • 4X2 2.4 G M/T Diesel Rp 483.600.000
  • 4X2 2.4 G A/T Diesel Rp 499.900.000
  • 4X2 2.4 VRZ A/T Diesel Rp 528.900.000
  • 4X4 2.4 G A/T Diesel Rp 605.800.000
  • 4X4 2.4 VRZ A/T Diesel Rp 675.600.000
  • 4X2 2.4 VRZ A/T Diesel TRD Rp 543.200.000

Fortuner Bekas

Pesona Toyota Fortuner terbaru memang membuat banyak konsumen kesengsem. Namun bukan berarti Fortuner bekas bukanlah pilihan yang menarik. Citranya sebagai SUV yang tangguh sudah melekat di mata masyarakat Tanah Air.

Jika Anda ingin memiliki tampilan Fortuner yang masih segar, setidaknya tidak berbeda jauh dari versi facelift saat ini. Namun konsekuensinya adalah banderolnya masih cukup tinggi alias mahal.
Toyota Fortuner Bekas

Untuk meminang SUV tangguh ini dengan harga lebih terjangkau, Anda bisa melirik Fortuner generasi pertama atau tahun produksi di bawah 2016. Tentunya semakin lama tahun produksi, calon konsumen harus lebih teliti dalam memilih unit. Berikut ini beberapa tips untuk memilih Fortuner Bekas.

Bodi

Sebagai kendaraan berbodi bongsor, tentunya akan sulit untuk mempertahankan bodi yang mulus. Apalagi jika pemilik sebelumnya berdomisili di lokasi yang padat dan sempit. Baik mulai baret hingga penyok mungkin saja terjadi.

Agar tidak merasa tertipu dengan penampilan, dalam hal ini ada baiknya mengajak pihak yang telah berpengalaman. Langkah tersebut guna meminimalisir biaya tambahan yang harus dikeluarkan setelah melakukan pembayaran unit.

Suspensi
Fortuner Bekas

Bodi Fortuner yang besar harus ditopang dengan suspensi yang ciamik. Selaras dengan hal tersebut, pastikan komponen ini masih bekerja dengan baik. Suspensi yang sudah tidak optimal, tentunya akan mengurangi kenyamanan berkendara.

Mesin

Mesin kendaraan yang sehat tentunya idaman semua pemilik mobil. Meskipun memilih mobil bekas, bukan berarti Anda tidak bisa mendapatkan unit dengan mesin yang masih prima. Setidaknya pemilik sebelumnya selalu merawat mobil secara rutin dengan baik.

Jika Anda tidak terlalu paham soal mesin, maka sebaiknya mengajak serta mekanik terpercaya untuk menilai kendaraan khususnya bagian mesin. Anda juga bisa meminta pihak penjual untuk melakukan pengecekan di bengkel resmi, dengan syarat telah ada kesepakatan terlebih dahulu soal pembayaran biaya pemeriksaan.

Harga Pasaran Toyota Fortuner Bekas

Pada laman pencarian mobil bekas Mobil123.com, terdapat lebih dari 1.000 unit Toyota Fortuner bekas yang ditawarkan. Ini membuat calon konsumen lebih leluasa dalam memilih unit.

Adapun seperti telah disebutkan di atas, semakin tua umur mobil maka harganya bisa lebih murah. Namun Anda tidak bisa menikmati beberapa fitur terbaru yang saat ini dinikmati para pemilik unit terbaru.
Harga Fortuner Second

Lalu pada mobil bekas, kondisi kendaraan menentukan harga yang ditawarkan. Jika kendaraan masih mulus dan terawat dengan baik, jangan heran jika pihak penjual mematok harga lebih mahal dari pasaran. [Dew/Had]

  • Toyota Fortuner 2005 Rp 145 juta hingga Rp 155 juta
  • Toyota Fortuner 2010 Rp 170 juta hingga Rp 190 juta
  • Toyota Fortuner 2016 Rp 350 juta hingga Rp 375 juta
  • Toyota Fortuner 2020 Rp 475 juta hingga Rp 510 juta

 



Denny Basudewa

Denny Basudewa

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar