Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Harga Mulai Rp200 Juta-an, Wuling Air EV juga Incar Pembeli Mobil Pertama?

Berita Otomotif

Harga Mulai Rp200 Juta-an, Wuling Air EV juga Incar Pembeli Mobil Pertama?

JAKARTA – Mobil listrik Wuling Air EV diposisikan di harga relatif murah yaitu mulai Rp200 juta-an. Apakah memang mereka mengincar pembeli mobil pertama (first car buyer)?

Wuling, dalam konferensi pers virtual pada Senin (11/7/2022), memberitahukan nama sekaligus estimasi harga calon mobil listrik perdana mereka. Masa pre-booking pun dibuka secara resmi mulai hari itu.

Air EV, sebutan dari model tersebut, kira-kira berbanderol on the road (OTR) Jakarta Rp250 juta bagi tipe Standard Range berjarak tempuh 200 km serta Rp300 juta untuk tipe Long Range yang memiliki jarak tempuh 300 km.

Sebagai informasi, rentang harga Air EV setara dengan nilai jual mobil konvensional di segmen low multi purpose vehicle (LMPV) maupun low sport utility vehicle (LSUV). Dua segmen ini turut menyasar orang-orang yang belum memiliki mobil.

Adapun para ‘pemain’ di dua segmen tersebut antara lain Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Mitsubishi Xpander, Suzuki Ertiga, Toyota Rush, Daihatsu Terios, Honda BR-V, Suzuki XL7 Toyota Raize, Daihatsu Rocky.

Product Planning PT. SAIC General Motors Wuling (SGMW) Indonesia Danang Wiratmoko mengakui pertimbangan mereka memberikan harga Rp200-300 juta untuk Air EV adalah demi menggaet sebanyak mungkin konsumen.

Ia tak menutup kemungkinan di antaranya terdapat para pembeli mobil pertama.

Air EV sendiri bakal menjadi mobil listrik termurah di Indonesia, ketika mengaspal nanti.

“Buat kami, lebih cepat memperkenalkan kendaraan elektrik, lebih baik. Kami akan meluncurkannya secara resmi enggak lama lagi. Target kami adalah lebih banyak orang yang mau mengadopsi teknologi ini, sehingga kami memosisikannya di rentang harga dengan pasar paling besar untuk pasar Indonesia,” papar dia merespons pertanyaan Mobil123.com usai Media Preview Air EV, Kamis (14/7/2022) di Jakarta.

Meski begitu, Danang belum bisa memastikan komposisi para pemilik mobil pertama dalam penjualan Air EV kelak. Menurut dia, mobil listrik merupakan segmen baru yang belum terpetakan dengan matang secara demografis di Indonesia.

Oleh karena itu, Wuling juga bakal memanfaatkan Air EV untuk membaca pasar, di awal era mobil listrik di Tanah Air.

“Kalau mobil konvensional, kan, biasanya kita melihatnya dari ukuran, harga, bentuk atau jenis mobil, kapasitas mesin,” ujar dia.

“Tapi mobil listrik ini, karena memang sebuah segmen baru dan memperkenalkan teknologi baru, segmentasinya itu justru kami lihat melampaui batas-batas demografis. (Alasan pembeliannya) bisa lebih ke arah emotional values, juga benefit-benefit yang ada di mobil listrik dan tidak ditemui di mobil konvensional,” tutup Danang. [Xan/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang