Harga Jual Kembali Daihatsu Diklaim Bagus, Ini Sebabnya

Berita Otomotif

Harga Jual Kembali Daihatsu Diklaim Bagus, Ini Sebabnya

JAKARTA – Resale value alias harga jual kembali mobil-mobil Daihatsu diklaim bagus. Ada tiga sebab mengapa hal itu bisa terjadi, menurut sang pabrikan.

Eksekutif Mobil88, value chain Grup Astra untuk mobil bekas, mencontohkan depresiasi Daihatsu Xenia adalah sekitar 28 persen dalam tiga tahun. Penurunan ini ia sebut relatif cukup baik jika dibandingakan low multi purpose vehicle (LMPV) lain dari kompetitor.

“Depresiasi 28 persen dalam tiga tahun itu tidak dibagi rata sebenarnya, aktualnya. Di tahun pertama itu sekitar 10 persen. Kemudian, tahun kedua 8 persenan kira-kira. Di tahun ketiga 7 persenan. Lalu di tahun-tahun berikutnya rata-rata 3 – 5 persen untuk Xenia,” papar Halomoan Fischer, Chief Operating Officer Mobil88 dalam konferensi pers pada Jumat (15/1/2020).


Elfina Afny, Corporate Planning and Communication Division Head PT. Astra Daihatsu Motor (ADM), mengatakan bahwa menurut data Balai Lelang Auksi dan Mobil88, produk-produk dari merek ini juga juga masih yang terlaris kedua. Kontribusinya 19 persen terhadap total penjualan di Balai Lelang Auksi pada 2020, sedangkan di Mobil123.com sumbangannya mencapai 16 persen.

Model-model Daihatsu, berdasarkan data yang diambil dari keduanya plus dealer-dealer WTC Mangga Dua, pun selalu masuk ke dalam lima besar model mobil bekas terlaris. Rasio perputaran (turnover) kendaraan bermerek Daihatsu juga cepat yaitu hanya 0,9 bulan di Mobil88.

“Untuk Daihatsu Ayla rata-rata turnover-nya 0,7 bulan,” tandas Elfina.


Menurut dia, secara umum ada tiga sebab harga jual kembali kendaraan Daihatsu amat kecil. Pertama, penjualan mobil baru Daihatsu amat laris dan ini mempengaruhi pula permintaan di pasar mobil bekasnya.

“Jadi, kalau jualannya banyak, resale valuenya terjamin,” kata Elfina sambil menyinggung bahwa Daihatsu merupakan merek mobil paling laku kedua di Nusantara.

Alasan kedua, lanjutnya, adalah karena kualitas dan spesifikasi kendaraan Daihatsu yang sudah terbukti baik. Adapun penyebab terakhir ialah dukungan purnajual yang luas dan terjangkau.

“Aftersales (purnajual) kami sudah terbukti mudah dicari. Harga perawatan mobil relatif terjangkau dan suku cadang mudah didapat. Semua mobil Daihatsu juga terkenal keiritannya,” sebut Elfina. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar