868 Mobil Toyota Masuk Bengkel Resmi Karena Banjir di Awal 2020

Berita Otomotif

868 Mobil Toyota Masuk Bengkel Resmi Karena Banjir di Awal 2020

JAKARTA – Hampir 900 mobil sudah masuk bengkel resmi Toyota untuk menjalani perbaikan pascabanjir 1 Januari 2020 dan jumlah itu diyakini masih akan bertambah.

Seperti diketahui, pada hari perdana 2020 kemarin sebagian area Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Jabodetabek) mengalami banjir hebat. Penyebabnya adalah hujan lebat sepanjang malam tahun baru yang menurut Badan Meteorologi, Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) merupakan curah hujan tertinggi dalam 24 tahun terakhir.

Tak hanya manusia, mobil-mobil pun terendam termasuk tentu saja Toyota. Anton Jimmi Suwandy, Direktur Pemasaran PT. Toyota Astra Motor (TAM), mengatakan sudah ratusan konsumen yang masuk ke bengkel-bengkel resmi karena mobil mereka terendam banjir.

“Data mobil korban banjir yang masuk ke bengkel Toyota sampai dengan data 8 Januari sudah 868 unit,” tandas kepada Mobil123.com melalui pesan singkat pada Kamis (9/1/2020) sore.

Sayang, Anton tidak membagi data model apa yang paling banyak masuk ke bengkel resmi usai banjir. Dia hanya mengatakan bahwa ke depan jumlahnya masih akan bertambah.

“Masih ada banyak unit lagi yang akan masuk. Begitu informasinya (yang saya dapat),” tukas dia.

Selain kabar mengenai adanya korban jiwa dan kerugian materiil masyarakat akibat banjir, terdapat pula cerita-cerita unik dan menarik. Seperti video viral angkutan kota (angkot) Isuzu Panther yang berhasil menerjang banjir dengan ketinggian hampir menutupi seluruh bonnet (moncong) depan.

Warga Jabodetabek sendiri masih dalam kondisi waspada. Pasalnya, BMKG memperkirakan curah hujan yang tinggi masih akan terjadi antara 8 – 12 Januari mendatang.

Asuransi Astra beberapa waktu lalu mengingatkan agar para pengemudi mobil menghindari genangan air tinggi dan tidak meniru video viral Panther. Jika tidak, engine water hammer akan terjadi dan menimbulkan kerusakan berat pada mesin. Penjelasan mengenai apa itu engine water hammer dapat dibaca di tautan ini. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support