GIICOMVEC Kembali Digelar, Esemka Berani Ikutan?

Berita Otomotif

GIICOMVEC Kembali Digelar, Esemka Berani Ikutan?

JAKARTA – Gaikindo Indonesia International Commercial Vehicle Expo (GIICOMVEC) akan kembali hadir di Jakarta dan alangkah baiknya bila Esemka ikut serta.

Event yang menampilkan teknologi dan produk dari industri kendaraan komersial di Indonesia akan diselenggarakan pada 5-8 Maret 2020. Sama seperti acara sebelumnya, penyelenggaraan akan dilangsungkan di Jakarta Convention Center (JCC).

GIICOMVEC 2020 akan memperluas cakupan industri yang menjadi targetnya. Bukan hanya dari peserta kendaraan komersial, GIICOMVEC 2020 juga menambah area baru yang diperuntukkan bagi peserta dari industri pendukung seperti karoseri, aksesoris, tools, parts, connected truck technology, dan juga perusahaan logistic berbasis teknologi.

Namun berbeda dengan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS), GIICOMVEC ini lebih menyasar pada kerjasama para peserta pameran ketimbang penjualan kendaraan. Meski demikian, tidak menutup kemungkinan akan ada beberapa kendaraan komersial yang akan diluncurkan.

Hal ini terjadi pada GIICOMVEC 2018 yang ketika itu sejumlah kendaraan komersial dikenalkan. Salah satunya adalah Suzuki yang menghadirkan Suzuki Carry Pick Up. Mobil tersebut pun juga telah dimodifikasi sedemikian rupa untuk menjadi mobil toko. Demikian pula Daihatsu yang menghadirkan Gran Max  karena dinilai cocok untuk dipamerkan di ajang tersebut.

Dengan sejarah yang baik, maka seharusnya Esemka dapat tampil di ajang tersebut. Terlebih, mobil yang diklaim merupakan hasil kerja keras anak bangsa tersebut masih terbilang minim komunikasi pada masyarakat. Padahal, sejumlah instansi pemerintah sudah menggunakan Esemka sebagai kendaraan operasionalnya.

Akan menarik jika Esemka menjadikan GIICOMVEC 2020 sebagai ajang unjuk diri, dengan memberikan informasi seluas-luasnya pada publik plus line-up produknya. Khususnya Esemka Bima yang segmennya masuk dalam pameran ini.

Untuk diketahui, sampai hari ini informasi soal Esemka tergolong minim, tidak satupun perwakilan mereka yang dapat ditemui oleh pihak media. Tidak seperti lainnya, Esemka mungkin menjadi satu-satunya pabrikan mobil yang mengaku jualan di Indonesia tapi tidak memiliki website resmi sebagai sumber informasi. 

Esemka sendiri baru-baru ini dikabarkan telah membuka dealer pertama mereka. Anehnya, dealer tersebut memiliki lokasi di area pabrik, sehingga tidak mudah untuk mengaksesnya. Agak berbeda dengan dealer mobil pada umumnya yang mudah dikunjungi oleh pembeli untuk mendapatkan semua informasi serta tentunya saat membeli mobil dan juga melakukan perawatan.  [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar