Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Generasi Baru Truk Listrik eCanter akan Dijual di Indonesia!

Berita Otomotif

Generasi Baru Truk Listrik eCanter akan Dijual di Indonesia!

TOKYO – Mitsubishi Fuso memberikan debut global (world premiere) kepada generasi baru truk listrik eCanter yang dipastikan juga bakal meluncur di Indonesia.

President and CEO Mitsubishi Fuso Truck and Bus Corporation (MFTBC) Karl Deppen, dalam world premiere All New eCanter pada Rabu (7/9/2022), membeberkan light duty truck (LDT/truk ringan) nihil emisi gas buang tersebut rencananya dijual di Jepang mulai musim semi 2023.

Menariknya, Indonesia ia sebut sebagai salah satu pasar tujuan di luar Jepang. Sayang, Deppen tidak membeberkan rincian waktu peluncuran All New eCanter di sini.

“Di pasar internasional, kami sudah merencanakan membawanya ke Singapura, Hong Kong, Indonesia, Eropa, Australia, dan Selandia Baru,” pungkas Deppen, seperti dikutip dari siaran langsung di YouTube resmi Mitsubishi Fuso dari Tokyo, Jepang.

eCanter generasi pertama sendiri telah dijual selama lima tahun, sejak mengaspal pada 2017.

Deppen menerangkan selama kurun waktu itu terdapat ratusan unit eCanter di Jepang, Amerika Serikat, Eropa, Australia, Selandia Baru yang telah menempuh akumulasi jarak 6 juta km.

Segala masukan selama lima tahun digunakan untuk riset dan pengembangan eCanter generasi kedua. Terutama terkait permintaan untuk membuat lebih banyak varian eCanter untuk berbagai kebutuhan usaha.

“Kendaraan ini (eCanter generasi teranyar) akan memiliki beragam tonase, dengan variasi wheelbase (jarak sumbu roda) dan cab (bak), juga kapasitas baterai berbeda-beda untuk menyesuaikan dengan kebutuhan yang spesifik,” pungkas Karl.

Spesifikasi All New Mitsubishi Fuso eCanter

Senior Vice President and Head of Product Engineering MFTBC Hironobu Ando menjelaskan nantinya All New eCanter punya lebih dari 100 varian di pasar global.

Truk listrik ini bakal menawarkan Gross Vehicle Weight (GVW) 5-8 ton di Jepang dengan ukuran bak berbeda-beda, sedangkan di negara lain bahkan ada yang mulai dari 4,25 ton.

Generasi termutakhir eCanter akan dipasarkan dengan opsi wheelbase mulai 2.500 mm, 3.400 mm, serta 4.750 mm.

Untuk membuatnya lebih fleksibel, Mitsubishi Fuso memastikan baterai serta motornya hanya menggunakan sedikit ruangan, dengan menghilangkan propeller shaft, lalu mengintegrasikan motor ke axle belakang (eAxle).

“Inovasi lainnya adalah instalasi ePTO (Electric Power Takeout Unit) yang menyediakan tenaga bagi kinerja bodywork tambahan,” tukas Ando.

All New eCanter bakal tersedia dalam kapasitas baterai 41 kWh (jarak tempuh 80 km), 83 kWh (140 km), 124 kWh (200 km). Pengecasan dapat dilakukan dengan kecepatan normal lewat steker AC maupun secara kilat (fast charging) melalui steker DC.

Di Jepang, tersedia fitur V2X yang membuat eCanter baru mampu menjadi sumber listrik darurat. Fitur-fitur lainnya ialah 4 Level Regenerative Braking, LCD Meter Cluster, Audio Steering Switch, Fuso Easy Key Access.

Adapun aspek keselamatan dan keamanan ditingkatkan lewat Collision Mitigation Brake System with Active Brake Assist 5, Active Sideguard Assist 1.0, Active Attention Assist.

Sementara, ubahan eksterior All New eCanter hanya terdapat pada desain lampu depan serta lampu belakang LED-nya. [Xan/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang