Garansindo: Motor Nasional Segera Dilahirkan

Berita Otomotif

Garansindo: Motor Nasional Segera Dilahirkan

JAKARTA - Cita-cita membuat motor nasional yang dikembangkan oleh anak-anak bangsa dan menggunakan brand lokal sebentar lagi mendekati kenyataan. Garansindo Group menggandeng ITS (Institut Teknologi Sepuluh November) Surabaya untuk membuat motor nasional tersebut.

Seperti diketahui selama ini Garansindo Group menaungi berbagai brand. Di roda empat mereka memegang brand Fiat, Chrysler, Jeep, Dodge dan Alfa Romeo di Indonesia. Sementara divisi roda duanya memiliki barisan brand roda dua seperti Peugeot, Zero dan Italjet.

Banyaknya brand yang mereka pegang itu ternyata tidak menina-bobokan Garansindo untuk terus menjual brand asing. Mereka, menurut CEO Garansindo Inter Global, Muhammad Al Abdullah memiliki impian untuk membuat sebuah motor nasional.

"Kami punya mimpi untuk membuat motor nasional. Sebuah motor yang benar-benar dikembangkan dari awal hingga akhir oleh putra bangsa. Saya yakin kita bisa," katanya.

Saat ini motor tersebut baru berupa rancangan. Tapi versi mock-up motor ini sudah dipamerkan. Dilihat dari sasisnya, motor ini sepertinya akan memilih model skuter.

"Motor listrik dan beberapa komponen telah kami kembangkan sendiri, frame kami buat sendiri meski baterai masih impor," kata Kepala Pengembangan Kendaraan Listrik ITS dan Garansindo DR Muhammad Nur.

"Kami membuat motor ini karena memang benar-benar ingin membuat motor nasional, bukan hanya untuk pencitraan semata," tambah Al.

Menurut rencana, pengembangan motor ini akan terus dilakukan agar bisa diproduksi massal pada 2018 mendatang. Perkiraan harganya Rp 20-30 jutaan. [Syu/Idr]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter

 

 



Syubhan Akib

Syubhan Akib

Pria berkacamata yang mencintai dunia otomotif dan sangat suka memandang mobil klasik serta mempelajari sejarah otomotif dunia. Kemacetan adalah sahabat, kecepatan adalah kesukaan dan liburan akhir pekan adalah impian.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support