Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Gantungkan Pewangi di Spion Tengah Bisa DIdenda Rp 18 juta

Berita Otomotif

Gantungkan Pewangi di Spion Tengah Bisa DIdenda Rp 18 juta

LONDON – Menggantungkan sesuatu, termasuk pewangi di spion tengah kini bisa kena denda di Inggris.

Tak tanggung-tanggung, dendanya pun terbilang besar yaitu sebesar £1,000 atau setara Rp 18,4 juta. Tujuan dari aturan ini adalah untuk memastikan pengendara memiliki jarak pandang maksimal dan bebas dari segala objek yang menghalangi pandangan.

Selain mengurangi jarak pandang, objek penghalang juga dinilai dapat memperlambat reaksi pengemudi dan menyebabkan kecelakaan. Perlu diketahui bahwa di Inggris pengemudi bisa mendapatkan denda bila pandangannya terhalang sesuatu hingga akhirnya terjadi kecelakaan, meski bukan dialah penyebab kecelakaan tersebut.

Undang-undang lalu Lintas Jalan memang menegaskan bahwa tidak boleh ada objek apapun di jendela dan spion karena dapat mengganggu pandangan. Objek tersebut termasuk pada pewangi gantung hingga stiker yang umum dipasang di kaca depan.

“Kaca depan dan jendela harus dijaga tetap bersih dan bebas dari benda penghalang yang berpengaruh terhadap pengelihatan. Tidak ada orang yang diperbolehkan mengemudikan kendaraan bermotor di jalan bila Ia berada pada posisi tak dapat memiliki pandangan penuh ke jalan dan lalu lintas di depannya” bunyi Undang-undang Lalu Lintas Jalan tersebut.

Tak hanya aturan dalam perudang-undangan, pengemudi juga akan dirugikan dari pihak asuransi kendaraan. Ini karena kerusakan dan cedera akibat kecelakaan karena pandangan terhalang tidak akan diberikan ganti rugi. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Senior Reporter

Pria sederhana ini tinggal Bekasi sebagai warga taat pajak. Meski selalu menghadapi panas matahari atau hujan deras hingga kemacetan luar biasa setiap harinya demi pekerjaan, namun Ia tetap menjalaninya dengan penuh rasa syukur.


Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang