Siap-siap, Tilang Elektronik akan Diberlakukan di Bekasi

Berita Otomotif

Siap-siap, Tilang Elektronik akan Diberlakukan di Bekasi

BEKASI – Kabupaten Bekasi akan mulai menerapkan tilang elektonik atau Electronic Traffic Law Enforcement (E-TLE).

Tilang ini diharapkan bisa mengurangi angka kecelakaan lalu lintas di Kabupaten Bekasi. Nantinya, Polres Metro Bekasi akan bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Bekasi khususnya untuj fasilitas dan peralatan penunjang.

Tilang elektronik ini diharapkan bisa mereduksi angka kecelakaan. Terkait dengan jaringan fiber optiknya akan bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Bekasi,” ungkap Kombes Hendra Gunawan, Kapolres Metro Bekasi.

Pengadaan CCTV yang dapat merekam dari jarak jauh masih dalam tahap perencanaannya. Polisi juga masih merumuskan dengan Pengadilan Negeri Bekasi dan Kejaksaan Negeri Bekasi untuk urusan sanksi berupa denda serta teknik verifikasi.

Tidak dijelaskan kapan mulai diberlakukan tilang elektronik, namun Hendra mengatakan tilang elektronik akan diberlakukan di 3 titik. Salah satu titik yang dipastikan akan menerapkan kebijakan ini adalah di Sentra Grosir Cikarang.

Diketahui, angka kecelakaan lalu lintas di Kabupaten Bekasi pada 2019 meningkat tajam dibanding tahun 2018. Tahun 2018, tercatat angka kecelakaan mencapai 675 dan meningkat 16,25 persen atau 806 kasus kecelakaan di 2019. Dengan adanya tilang ini diharapkan para pengguna lalu lintas akan lebih tertib dan kecelakaan dapat berkurang.

Sebelumnya diberitakan bahwa kota Surabaya dan Semarang telah melakukan ujicoba tilang elektronik. Bahkan untuk kota Surabaya sudah diterapkan secara resmi. Pengembangan tilang elektronik diharapkan bisa menjadikan pengguna jalan lebih disiplin dan taat lalu lintas. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support