Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Gampang Jadi Bahan Modifikasi, Honda Civic Estilo Harganya Makin Melejit

Panduan Pembeli

Gampang Jadi Bahan Modifikasi, Honda Civic Estilo Harganya Makin Melejit

Beberapa tahun terakhir tren mobil era 90-an kembali naik daun, salah satu model yang kembali populer yaitu Honda Civic Estilo. Hatchback ini paling banyak diburu karena desainnya yang membulat dan timeless. Tak heran bila Honda Civic Estilo sering jadi bahan modifikasi penampilan maupun performa.

Honda Civic Estilo hadir pada 1992, sebagai varian hatchback. Untuk versi sedannya disebut sebagai Civic Genio. Harga Civic Estilo bekas cukup gelap, tergantung kondisi kendaraan. Harga jualnya meroket, bahkan bisa hampir menyamai Honda City Hatchback.

Civic Estilo diipasarkan dalam waktu yang terhitung singkat, yakni tahun 1992-1995, membuat unitnya terbilang langka. Ini karena populasinya cukup sedikit, dulu masyarakat lebih memilih Civic versi sedan ketimbang hatchback dua pintunya ini.

Dulu Civic Estilo dijual dengan harga lebih murah dari Honda Civic Genio saat pertama kali hadir di Indonesia. Ini karena harga hatchback memang lebih murah ketimbang sedan. 

Dalam perjalanannya, Honda Civic Estilo lebih sering dibeli dan dimodifikasi sebagai mobil balap. Performa mobil ini termasuk lumayan agresif pada masanya.

Eksistensinya kini semakin bersinar karena jadi besutan para selebriti papan atas Indonesia. Mulai dari penyiar dan presenter televisi, Desta memiliki Civic Estilo lansiran 1992 warna putih. Kemudian aktor dan presenter Gading Martin juga membeli Civic Estilo hitam.

Jenis Modifikasi yang Sering Digunakan Pada Honda Civic Estilo

1. Modifikasi Engine Swap, Pakai Mesin Lebih Gahar

5 Alasan Honda Civic Estilo Harganya Kini Selangit, Hatchback Langka Bahan Gorengan Kolektor 03

Mesin bawaan Honda Civic Estilo berkode D16B2 dengan kapasitas 1.600 cc SOHC. Tenaganya 120 dk/6.300 rpm dan torsi 140 Nm/5.500 rpm. Pada masanya tenaga segitu cukup besar di kelas hatchback. Namun angkanya bakal kurang bagi para penghobi balap. 

Bila kalian sering mengikuti balap saat sesi track day, maka opsi modifikasi swap engine mesin perlu dilakukan menjadi lebih bertenaga. Bisa dengan memakai K-series 2.400 cc, jadi secara tenaga sudah cukup besar dan cukup mendukung untuk track day.

Tak cuma ganti mesin, modifikasi untuk balap dan pakai harian ini juga perlu melakukan upgrade di kabel mesin dan body. Engine mounting juga perlu ikut diupgrade karena harus menopang mesin dengan tenaga lebih besar. 

2. Modifikasi Ala JDM

Stock vs. Modified (Honda Civic EG6) : r/JDM

Konsep modifikasi gaya JDM ini biayanya tak murah. Sebab sejumlah komponen Civic EG yang hendak ditanamkan pada Estilo itu masih harus diimpor dari Jepang baik untuk upgrade mesin, interior hingga eksteriornya. Artinya, semua komponen Estilo JDM akan disesuaikan dengan katalog Civic EG6 yang ada di Jepang.

Sebagai contoh, mesin Estilo yang SOHC diganti dengan mesin B16 DOHC milik Civic EG6. Modifikasi juga turut mengganti velg bawaan menjadi velg Snowflake bawaan Civic EG6. Agar makin totalitas, bisa memasang sunroof bawaan EG6 dengan cara membeli top cut bagian atap Civic EG6 dari Jepang untuk dibawa ke Indonesia.

3. Modifikasi Body Kit

A First-Time BuilderPenampilan Civic Estilo yang sporty bikin banyak orang jatuh cinta. Untuk mendukung aspek performa yang sudah perkasa, maka sisi penampilan juga perlu ikut diupgrade. 

Bila kurang puas dengan penampilan standar, kita bisa memberi sentuhan modifikasi yang personal. Kita bisa memasang body kit  terdiri dari front lip pada bumper depan dan wing spoiler di buritan.

Paket body kit Estilo itu sebenarnya sangat terbatas, misalnya pada wide body kit saja cuma Pandem yang mengeluarkan produknya. Dengan konsep wide body, Civic Estilo bisa tampil lebih gagah dan berotot. 

5 Kelebihan Honda Civic Estilo Sebagai Hatchback Sporty

Honda Civic eg6 | Honda Civic eg6 | NEO | FlickrSosok Honda Civic Estilo paling banyak diburu karena desainnya yang membulat eksotis. Sebagai informasi, harga Honda Civic Estilo baru berada di kisaran Rp60 jutaan saat dijual antara 1992 hingga 1995. 

Kini harga bekas Honda Civic Estilo mencapai Rp300 jutaan untuk kondisi standar. Bila sudah dimodifikasi dengan konsep JDM, harganya makin tinggi lagi hingga di atas Rp400 juta. Harga untuk Honda Civic Estilo memang dianggap tidak masuk akal pada saat ini. 

Civic Estilo ini jadi paket komplit sebuah hatchback sporty era 90-an. Mesin yang tenaganya oke, desain slim, hingga bobot yang ringan. Tidak heran kalau Civic Estilo sering dipakai untuk balapan karena kelebihannya itu.

Berikut ini lima kelebihan Honda Civic Estilo yang membuatnya tetap seksi di antara hatchback keluaran baru.

1. Desain yang Sporty ala Hot-Hatch

File:Honda civic eg6 sirii 1 r.jpg - Wikimedia CommonsAspek desain menjadi keunggulan yang langsung kita lihat saat memandang Civic Estilo. Desainnya yang ramping dengan sudut membulat dan memakai dua pintu,  yang memperkuat kesan sporty. 

Aksen stylish juga bisa terlihat dari bentuknya yang pipih, minim garnish yang juga membuatnya tampil bersih. Honda Civic Estilo punya bagian depan dan belakang yang terkesan sederhana, dengan hanya disematkan sepasang lampu yang berukuran sipit minimalis.

Kemudian, Terdapat sebuah Spoiler berukuran minimalis yang menunjang aura sporty. Istilahnya, wujud Civic Estilo ini mengesankan seperti hot-hatch yang mengingatkan kita bentuk VW Scirocco.

2. Interior yang Simple dan Ergonomis

5 Alasan Honda Civic Estilo Harganya Kini Selangit, Hatchback Langka Bahan Gorengan Kolektor 05

Interior Civic Estilo ini masih tetap menarik dan tidak terkesan kuno untuk ukuran Motuba. Dashboard dari bahan plastik bentuknya cukup modern walau tak glamor.

Padan ruang kemudi, terdapat setir Honda Civic Estilo dengan model tiga palang. Selanjutnya panel informasi di balik kemudi setir tampil warna putih, yang menunjukkan konsumsi bahan bakar, tingkat kecepatan dan odometer. 

Kursinya pun berbentuk ergonomis dengan lekukan yang dirancang khusus pada kursinya membuat perasaan nyaman. Ini juga didukung dengan bahan busa yang cukup empuk berbalut kain berkualitas.

3. Fitur yang Cukup Modern

5 Alasan Honda Civic Estilo Harganya Kini Selangit, Hatchback Langka Bahan Gorengan Kolektor 02Civic Estilo juga dibekali fitur-fitur yang oke untuk mobil keluaran 90-an. Hatchback ini memiliki sabuk pengaman yang didukung dengan Pretensioner dan Force Limiter, Power Window, Cental Lock, teknologi Power Steering pada kemudinya hingga Electric Mirror. 

Sistem pengereman didukung rem cakram pada keempat rodanya. Untuk kaki-kaki dibekali suspensi double wishbone independen depan belakang serta stabilizer  sehingga dapat memberi performa handling yang mumpuni. 

Untuk fasilitas hiburan sudah tersedia sebuah radio/tape kaset yang konon bermerek Alpine, brand premium untuk audio. Hal unik di Civic Estilo yaitu pintu belakangnya juga punya mekanisme yang modern. Mekanisme buka tutup antara pintu dengan jendelanya bisa dibuka secara terpisah, seperti Honda CR-V generasi pertama. 

Untuk sebuah motuba era 90-an, fitur-fitur yang disebutkan di atas sudah terbilang sangat istimewa dizamannya.

4. Performa di Atas Rata-rata dengan Bobot Ringan

 

Kelebihan Honda Civic Estilo yang paling dicari adalah bobotnya yang ringan dengan performa mesin yang ganas. Mesin berkode D16B2 yang diusungnya memproduksi daya sebesar 120 hp pada 6.300 rpm dengan torsi puncak 140 Nm pada putaran 5.500 rpm. 

Sementara itu bobot Civic Estilo hanya di angka 970 kg. Perbandingan power to weigt sebesar itu sudah lebih dari cukup untuk membuat performa mobil begitu agresif.

5. Harga yang Makin Mahal, Investasi di Segmen Otomotif

1994 Honda Civic SiR II | Toprank ImportersHonda Civic Estilo harganya kini begitu fantastis, menembus angka Rp300 juta untuk hasil restorasi yang orisinal. Padahal awalnya, harga pasaran mobil ini masih manusiawi. Sekitar 10 tahun lalu, harganya belum tembus Rp100 juta, dan normalnya di kisaran Rp60-80 juta. 

Bagi sebagian penghobi mobil Jepang, mobil ini dianggap sebagai salah satu mobil yang bisa dijadikan objek investasi. Harga jualnya semakin tinggi karena termasuk mobil koleksi dan langka.


 



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang