Furukawa: 8 Juta Mobil Butuh Aki Setiap Tahun

Berita Otomotif

Furukawa: 8 Juta Mobil Butuh Aki Setiap Tahun

PURWAKARTA - Pasar besar kendaraan bermotor di Indonesia berdampak semakin seksinya sektor aki. Ini salah satu alasan kenapa Furukawa Battery membangun pabrik di Indonesia melalui Furukawa Indomobil Battery Manufacturing. Ada sekitar seratus juta kendaraan di Indonesia yang tentu membutuhkan aki.

Presiden Direktur Indomobil Group, Jusak Kertawijaya, mengatakan pasar sektor otomotif masih sangat terbuka lebar.Sebab untuk sepedamotor saja saat ini jumlahnya ada 85 juta yang harus melakukan ganti aki setiap 2 tahun.

"Jadi setahun pasarnya sekitar 40 juta," katanya.

Sementara itu, ada 8 juta mobil yang beredar di Indonesia. Sama seperti motor, rata-rata mobil akan ganti aki sekitar 2 tahun sekali.

Pasar aki mobil juga terbilang cerah karena rasio kepemilikan mobil masih sangat kecil meski penjualan tahunan Indonesia sudah menembus 1,2 juta per tahun.

Furukawa sendiri membuka pabrik aki mereka di Purwakarta. Ini adalah pabrik kedua Furukawa di ASEAN setelah sebelumnya ada di Thailand.

Pabrik yang menelan investasi sampai Rp 600 miliar ini akan memproduksi aki mobil dan motor untuk pasar Indonesia. Kapasitas produksinya 5 juta unit per tahun.

"Kami akan sebar ke semua brand, bukan hanya merek-merek yang dipegang oleh Indomobil Group seperti Suzuki," lugasnya. [Syu/Idr]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



Indra Prabowo

Indra Prabowo

Senang menulis mobil dan sepedamotor dari sisi kendaraan itu sendiri hingga perkembangan teknologi. Dia sendiri paling menyukai jika disodorkan SUV untuk dibawa ke mana dia suka, tentu saja medan offroad.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support