Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Foton Bawa 3 Mobil Listrik Niaga ke Indonesia, Ada Rencana Rakit Lokal!

Mobil Baru

Foton Bawa 3 Mobil Listrik Niaga ke Indonesia, Ada Rencana Rakit Lokal!

JAKARTA – Foton langsung menunjukkan pergerakan di pasar dengan mengintroduksi tiga mobil listrik niaga, tak berapa lama setelah bisnisnya di Indonesia diambil alih oleh Indomobil Group.

Merek kendaraan niaga asal China ini memperkenalkan Foton e-Truckmate, Foton e-Aumark, dan Foton e-View dalam Gaikindo Indonesia International Commercial Vehicle Expo (GIICOMVEC) 2024 yang berlangsung pada 7-10 Maret di Senayan, Jakarta.

“Ini baru awal. Kami akan secara bertahap memperkenalkan produk-produk baru ke pasar Indonesia,” kata EV Product Director Foton Overseas Cui Jie pada hari pertama pameran.

Foton e-Aumark

Sekadar informasi, pada 26 Januari 2024, Indomobil Group dan Beiqi Foton Motor Co, Ltd menandatangi perjanjian kerja sama strategis. Kedua pihak sepakat untuk menjadikan Indomobil Group sebagai distributor resmi sekaligus pihak perakit model-model Foton di negeri ini.

Lebih lanjut, Chief Operating Officer (COO) Foton Indonesia Edi Napis menjelaskan bahwa dalam GIICOMVEC 2024 pihaknya baru membuka pemesanan resmi untuk e-Truckmate. Adapun harga off the road-nya, menurut brosur yang didapatkan Mobil123.com, mencapai Rp371,85 juta.

Sementara itu, harga off the road e-Aumark dan e-View masing-masing ialah Rp643,8 juta dan Rp591 juta.

Foton e-ViewFoton Indonesia sendiri, menurut Edi, berencana melakukan perakitan lokal pada 2024. Ini dilakukan agar pihaknya dapat menikmati insentif dari pemerintah dan memberikan harga yang lebih kompetitif lagi kepada para pengusaha dan pebisnis di Tanah Air.

“Sekaligus memberikan kontribusi positif bagi industri otomotif di Indonesia, khususnya di segmen kendaraan niaga,” tandas Edi.

e-Truckmate mengusung baterai lithium ferro phosphate (LFP) 38,64 kWH, dengan sistem pengecasan cepat (fast charging). Jarak tempuhnya digadang-gadang mampu mencapai 220 km.

Foton e-Truckmate

Baterai e-Truckmate dipadukan dengan motor penggerak tipe permanent magnet synchronous motor (PMSM) berdaya 60 kW serta torsi 220 Nm, sistem pengereman Anti-lock Braking System (ABS)+Electronic Brakforce Distribution (EBD), dan 11 konfigurasi keselamatan. Beban yang dapat diangkut (payload) mencapai 1.340 kg.

Sementara itu, e-Aumark digawangi baterai LifePO4 81,14 kWh, dengan motor PMSM bertenaga 130 kW dan torsi 1.200 Nm. Jarak tempuhnya diklaim dapat mencapai 167 km, dengan Gross Vehicle Weight (GVW) dan payload masing-masing 7.000 dan 4.200 kg.

e-View, di sisi lain, ‘dipersenjatai’ baterai LFP 50,23 kWh berjarak tempuh 235 km (NEDC) atau 195 km (WLTC). Motor PMSM-nya berdaya 85 kW, dengan torsi 290 Nm.

e-View bisa digunakan untuk memuat sembilan sampai 16 penumpang. [Xan]



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang