Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

First Drive Wuling Air EV: Mobil Listrik Murah tapi Tak Murahan

Review

First Drive Wuling Air EV: Mobil Listrik Murah tapi Tak Murahan

TANGERANG – Mobil listrik Wuling Air EV boleh berharga relatif murah. Tapi, ‘rasa’ ketika berada di kabin maupun saat mengendarainya tidak murahan.

Air EV resmi meluncur dalam Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022, 11-21 Agustus di Serpong, Tangerang.

Harga on the road (OTR) Jakartanya Rp238 juta untuk Standard Range (200 km) dan Rp295 juta bagi Long Range (300 km). Padahal, estimasi awal Wuling untuk banderol Air EV Rp250 juta serta Rp300 juta.

Setelah sempat memberikan waktu untuk mengulas first impression (impresi pertama) dari desain eksterior maupun interior Air EV, Wuling, di sela-sela GIIAS 2022, memberikan Mobil123.com kesempatan mengendarai secara singkat Air EV di sekitar perumahan elite Nava Park.

Seperti saat first impression, tipe Long Range disediakan ketika test drive (uji kendara). Dua putaran dilalui, dengan rintangan antara lain ramp serta putaran dengan radius kecil.

Bagaimana rasa berkendara singkat Air EV? Berikut ulasannya.

Test Drive Wuling Air EV: Kelebihan serta Kekurangannya

Kelebihan Wuling Air EV

Tiga Mode Berkendara

Seperti umumnya mobil listrik, Air EV memiliki tarikan yang relatif instan jika dibandingkan dengan mobil pembakaran internal (internal combustion engine/ICE). Enaknya, sang pengendara bakal diberikan tiga pilihan mode mengemudi: Eco, Normal, atau pun Sport.

Mode Sport benar-benar memberikan sensasi berkendara mobil listrik, dengan torsi yang cukup terasa di awal menginjak pedal gas. Air EV Long Range sendiri dibekali baterai 26,5 kWH, dengan motor listrik di antara dua roda belakang yang berdaya 30 kW serta torsi 110 Nm.

Mode Normal tetap menawarkan responsivitas yang terbilang instan. Tapi, karakternya lebih 'kalem', dengan ‘jambakan’ lebih minim.

Adapun Model Eco adalah yang paling mendekati ‘rasa’ berkendara mobil konvensional. Kendati begitu, jeda pada tarikan awalnya masih tetap amat minim, kalau dikomparasi dengan mobil ICE.

Fitur-Fitur Canggih

Meski Rp200 juta-an, Air EV sudah punya Electric Parking Brake (EPB), Auto Brake Hold (AHB), Hill Hold Control (HHC). ABH maupun HHC berfungsi menahan mobil di tanjakan dan turunan.

Mobil123.com mencoba berhenti belasan detik di ramp untuk mengetes ABH serta HHC. Meski setop lumayan lama, kedua fitur tersebut terus menahan Air EV di medan dengan kontur naik atau pun turun.

Di samping itu, Air EV masih memiliki antara lain Smart Key System, Keyless Start/Stop, Meter Cluster dan Head Unit 10 Inci, Wuling Indonesian Command (WIND), hingga Internet of Vehicle (IoV).

Radius Putar Kecil dan Suspensi Nyaman

Radius putar Air EV yang kecil (4,3 meter) membuatnya amat praktis. Tidak perlu ancang-ancang saat putar balik, meski jalannya tidak lebar.

suspensinya patut dipuji karena cukup rigid ketika berbelok tapi tetap relatif nyaman meredam guncangan-guncangan kecil.

Leg Room Mengejutkan

Air EV menawarkan leg room (ruang kaki) lega, baik untuk pengemudi maupun penumpang depan. Baris kedua, saat first impression dulu, juga masih pantas memuat dua orang dewasa.

Sayang, bagaimana rasanya duduk di belakang ketika dalam perjalanan belum sempat dirasakan oleh Mobil123.com.

Kekurangan Wuling Air EV

Body Roll Agak Terasa

Dengan bodi sangat kompak, body roll Air EV agak terasa meskipun Mobil123.com tidak melakukan manuver ekstrem. Ini mengindikasikan kalau mobil listrik tersebut memang bukan untuk pengemudi berkarakter agresif.

Tidak Ada Bagasi

Air EV juga tidak memiliki bagasi, seandainya kursi-kursi baris kedua ditegakkan. Agar ada ruang penyimpanan yang memadai, salah satu atau kedua kursi mesti dilipat.

Kesimpulan Test Drive Wuling Air EV

Air EV merupakan mobil listrik yang murah tapi tidak murahan, dengan segala fitur dan sensasi berkendara yang dimiliki. Belum lagi jika melihat penampakan ruang kabinnya.

Mobil listrik murah ini bisa menjadi opsi sebagai mobil tambahan yang dipergunakan untuk aktivitas perkotaan, ketika sang pemilik ingin lebih praktis melibas kepadatan lalu lintas.

Jangan lupa pula, mobil listrik seperti Air EV bebas ganjil-genap. The future is now! [Xan/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang