Impresi dari Hyundai Palisade Saat Berkendara Singkat Bersamanya

Panduan Pembeli

Impresi dari Hyundai Palisade Saat Berkendara Singkat Bersamanya

JAKARTA – Berikut ini adalah kesimpulan dari first drive singkat bersama Hyundai Palisade, ada beberapa impresi berkendara yang bisa didapat dalam segala keterbatasan waktu dan tempat untuk benar-banar mengujinya.

Hyundai Palisade adalah salah satu SUV kelas atas yang hadir pada akhir tahun 2020 dan langsung diklaim oleh Hyundai mendapat respon positif meski dalam kondisi pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). Hyundai mengabarkan bahwa sudah ada 36 unit yang dipesan meski mobil tersebut baru akan didatangkan dari Korea Selatan pada akhir 2021 mendatang.

Respon baik tersebut konon tidak lepas dari beragam keunggulan yang ditawarkan oleh Hyundai Palisade. Mulai dari desain yang menarik hingga kenyamanan di dalam kabin. Keunggulan-keunggulan tersebut tentunya cukup untuk minat bos-bos di Tanah Air.

Dari sisi eksterior, Hyundai Palisade hadir dengan desain yang cukup mengkotak namun proporsi yang pas menjadikannya tampak tetap terasa dinamis. Mobil ini hadir dengan desain grille berukuran besar dan disandingkan LED Headlamps dan lampu sein atraktif. Sementara itu pada bagian atas, Hyundai memberikan DRL berdesain tajam sehingga membuat tampilan mobil terasa sporty.

Hyundai Palisade
Masuk ke dalam kabin, kesan mewah semakin terasa karena Hyundai memasangkan jok berlapis kulit Nappa pada Palisade. Jok pun dijahit dengan beragam aksen sehingga memberi kesan empuk dan sudah dilengkapi captain seat sehingga meningkatkan kenyamanan.

Tak hanya itu, Hyundai Palisade juga sudah dilengkapi dengan jok yang dilengkapi dengan pengatur suhu. Selain itu, Hyundai Palisade juga sudah dibekali oleh dual sunroof serta panel wood pada bagian depan.

Hyundai Palisade
Untuk penggerak, Hyundai mengandalkan mesin diesel R 2.2-liter CRDi, 4 silinder segaris, dengan e-VGT berdaya 198 hp dan torsi 440 Nm. Mesin tersebut pun disandingkan dengan transmisi otomatis delapan percepatan yang dapat diatur dengan tombol tipe shift-by-wire (SWB).

Khusus untuk tipe Signature AWD memiliki Multi-Terrain Control yang dapat diaktifkan untuk menjelajah medan off-road. Sementara untuk varian selain itu telah dilengkapi dengan empat mode berkendara (Eco, Comfort, Smart, Sport).

Puas melihat Hyundai Palisade, Mobil123.com berkesempatan untuk berkendara singkat di sebuah parkiran pusat perbelanjaan di Jakarta. Hyundai Palisade Signature AWD adalah unit yang disiapkan.

Hyundai Palisade
Pada kesempatan pertama Mobil123.com berada di kursi penumpang, jok memang terasa cukup empuk dan lebar. Ruang kaki pun terasa sangat luas sehingga memberi kenyamanan lebih pada para penumpangnya. Posisi duduk bisa diatur dengan mudah karena ada pengaturan mobil dapat diatur secara electric. Bahkan, jok tersebut akan langsung menyesuaikan dengan posisi duduk pengemudi terakhir saat mobil dinyalakan.

Hyundai Palisade sudah tidak dilengkapi dengan tuas transmisi sehingga pengemudi cukup menekan tombol transmisi yang diinginkan. Hilangnya tuas transmisi tersebut memberi kesan luas pada kabin baris depan. Selain itu, terdapat pula multi terrain control guna memudahkan pengemudi menentukan mode berkendara yang sesuai dengan kebutuhan.

Hyundai Palisade
Untuk drive mode ada Comfort, Eco, Sport dan Smart yang bisa dipilih. Sementara untuk Terrain mode ada Snow, Mud dan Sand. Kami memilih mode Comfort karena rasanya paling cocok mengingat rutenya hanya keliling parkiran sebuah mall.

Saat berkesempatan berada di balik kemudi, Mobil123 merasakan besarnya dimensi mobil, perlu sedikit penyesuaian apalagi tentunya bila terbiasa menggunakan mobil berukuran kecil atau compact. Mengatasai hal tersebut, Hyundai telah menyematkan beragam fitur keselamatan seperti Blind-Spot Collision Warning  guna menghindari terjadinya hal yang tak diinginkan.

Setelah bisa beradaptasi dan terbiasa dengan Hyundai Palisade, Anda akan menemukan bahwa SUV cukup lincah untuk melakukan manuver. Seperti beberapa tikungan dengan space terbatas pada sebuah parkiran, meski harus tetap diwaspadai untuk ukuran mobil besar, namun Hyundai Palisade cukup mudah melaluinya.

Hyundai Palisade
Obstacle atau tantangan ringan yang ditemui di Mall adalah posisi menanjak di area menuju gedung parkir. Mobil123.com mencoba beberapa posisi atau skenario seperti langsung digas atau berhenti di tengah tanjakkan. Dan hasilnya bisa ditebak, ini bukan masalah berarti bagi Palisade, mobil tidak turun dengan sendirinya dan saat pedal gas ditekan kembali, Hyundai Palisade bisa merangkak naik dengan mudah.

Sayangnya pada kesempatan kali ini Mobil123 tidak bisa memaksimalkan kemampuan Palisade dalam beragam kondisi jalan atau tantangan selanjutnya. Namun secara umum dalam impresi singkat ini Hyundai Palisade cukup terasa kenyamanan dan kemewahannya.

Berikut adalah detail harga dari Hyundai Palisade.

  • Hyundai Palisade Prime Rp 777.000.000
  • Hyundai Palisade Signature Rp 888.000.000
  • Hyundai Palisade Signature AWD Rp 1.078.000.000

[Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar