El Toro Loco, Monster Truk yang Ramaikan IIMS 2018

Berita Otomotif

El Toro Loco, Monster Truk yang Ramaikan IIMS 2018

JAKARTA – Untuk pertama kalinya, El Toro Loco mendarat di Indonesia, kemunculan kendaraan ini bisa dilihat di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018.

El Toro Loco merupakan sebuah kendaraan dari FELD Motorsport di Florida, Amerika Serikat. Raksasa ini diklaim sebagai hasil karya mereka dan memiliki sumber tenaga mesin V8 berkapasitas 8000 cc bertenaga 1000 hp dan diletakkan pada belakang kendaraan agar memudahkan pengemudi dalam melakukan manuver.

“El Toro Loco merupakan kendaraan custom, jadi tidak ada mobil yang menjadi basis untuk kendaraan ini,” ungkap Den Evans, pemilik , driver sekaligus teknisi dari El Toro Loco.

Tak hanya itu, Ia juga menyampaikan bahwa dirinya harus merogoh kocek sebesar lebih dari USD 250 ribu atau hampir Rp 3.5 miliar untuk membangun kendaraan tersebut. Sementara proses pembuatannya sendiri memakan waktu sekitar tiga minggu.

Hal menarik lainnya adalah skill dari pengemudi truk monster seperti El Toro Loco karena tidak semua orang mampu mmenaklukkannya.Para pengemudi truk monster harus melalui sejumlah tes untuk bisa menjadi pengemudi kendaraan ini. Setelah lulus, pengendara baru berhak untuk ikut ke dalam kompetisi Monster Jam, sebuah kompetisi antar truk monster di Amereka Serikat.

“Untuk mengendarai El Toro Loco dan ikut ke dalam kompetisi Monster Jam, para pengemudi harus lulus dalam ujian. Ujian tersebut terbagi dalam tiga tahap dan harus diikuti satu per satu,” tambah Den.

Sayangnya, El Toro Loco tidak menunjukkan kebolehannya dalam menghadapi medan-medan sulit layaknya dalam kompetisi Monster Jam. Kendaraan ini hanya menjadi salah satu kendaraan display di IIMS 2018. Meski demikian, Den Evans sempat menyalakan mobil tersebut dan memperdengarkan suara dari kendaraan kesayangannya pada para pengunjung. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar