Ducati Superleggera V4 Hanya Dibuat Terbatas 500 unit

Berita Otomotif

Ducati Superleggera V4 Hanya Dibuat Terbatas 500 unit

BOLOGNA – Ducati mulai memproduksi Superleggera V4 pertama dari rencana hanya 500 unit untuk seluruh dunia.

Seperti diketahui bahwa Ducati menghentikan aktivitas pabrik terkait pandemi covid-19. Hal ini dikarenakan Italia memberlakukan aturan lockdown karena jumlah orang terjangkit terus bertambah. Pabrik Ducati baru mulai beroperasi pada Mei 2020.

Setelah melewati waktu selama satu bulan lamanya, Ducati akhirnya mulai memproduksi unit pertama. Sekedar mengingatkan, manufaktur sepedamotor ikonik asal negeri Pizza tersebut berencana untuk memproduksi Superleggera V4 hanya 500 unit saja.

Proses produksi motor inipun dilakukan dengan tangan-tangan kreatif di pabrik mereka di Bologna. Hal ini membuat setiap Superleggera yang diproduksi kian eksklusif dan premium. Tidak heran kuda besi berkelir merah ini dibanderol sangat mahal.

Motor ini menggunakan mesin Desmosedici Stradale R yang ringan dan paling bertenaga. Adapun jantung pacunya memiliki kapasitas 998 cc V4 yang diklaim lebih kencang dari mesin 1.103 cc V4 sekalipun.

Sebuah tunggangan yang kencang harus memiliki aerodinamika baik agar bisa lebih melesat dalam kecepatan tinggi. Ducati Superleggera V4 dibekali biplane aerofoils atau sederhananya winglet yang terinspirasi dari MotoGP. Komponen aerodinamika tersebut mampu memberikan daya tekan atau downforce hingga 50 kg pada kecepatan 270 km/jam.

Belum puas sampai di sana, sumber daya kendaraan ini juga ditopang dengan camshafts, screws dan dry clutch berbahan titanium. Komponen ini mengurangi bobot secara keseluruhan sebesar 2.8 kilogram. Saking spesialnya, setiap camshaft motor ini, timingnya dikerjakan oleh manusia dan terdapat tanda dari si pembuatnya.

Gas buang mesin Ducati Superleggera V4 disalurkan melalui satu set knalpot Akrapovic. Dipadukan dengan racing kit yang mendukung, tenaga mesin melonjak lagi menjadi 234 hp pada 15.500 rpm. Adapun torsi puncaknya mencapai 117 Nm pada 11.750 rpm.

Semburan daya dari mesin kemudian digelontorkan ke ban, melalui rantai Regina ORAW2. Bobot rantai merek Italia ini lebih ringan 1.4 kilogram daripada produk pada umumnya.

Guna menjamin handling yang baik, motor ini menggunakan suspensi Ohlins NPX25/30. Lagi-lagi komponen berbahan titanium melekat pada kendaraan ini. Seperti yang mereka lakukan pada per suspensi Ohlins.

Dalam segi keamanan, paket Brembo dengan spesifikasi tertinggi yang pistonnya dilengkapi dengan radiator dan coating. Motor yang pada awalnya dinamakan Project 1708 dibuat terbatas jumlahnya sehingga, mereka menempatkan nomor seri pada beberapa bagian motor.

Ducati Superleggera V4 dipasarkan dengan harga setara Rp 1.366 miliar di negara asalnya. Ducati berencana untuk memproduksi motor ini sebanyak 5 unit setiap harinya. Konsumen yang telah memesan, baru bisa mengendarainya pada Mei 2020. [Dew/Ari]

 

 



Denny Basudewa

Denny Basudewa

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar