Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Dominan Selama 2 Dekade, Toyota Siap Masuki Fase Kendaraan Listrik Murni

Berita Otomotif

Dominan Selama 2 Dekade, Toyota Siap Masuki Fase Kendaraan Listrik Murni

Tokyo – Toyota sangat agresif dalam memamerkan kendaraan listrik di Tokyo Motor Show 2017 dengan Toyota Concept-i, Toyota Conecept-i RIDE, Toyota Concept-i WALK, Toyota Tj Cruiser, Toyota GR HV Sports Concept, Toyota Century, Toyota Crown Concept, dan Toyota JPN Taxi.

Hal ini menunjukkan kesiapan Toyota memasuki era elektrifikasi berikutnya guna menjaga kelestarian lingkungan.

"Kami percaya kendaraan listrik akan menjadi salah satu solusi kunci dalam waktu dekat. Hari ini Toyota telah menjual 37 model kendaraan berbasis listrik ke 90 negara dengan penjualan sebanyak 1,5 juta tiap tahun dan market share 43%," kata Didier Leroy, Executive Vice President Toyota Motor Corporation (TMC), kepada para wartawan di Tokyo Motor Show 2017.

“Dengan penjualan lebih dari 11 juta mobil listrik dalam dua dekade terakhir, Toyota telah mengembangkan dan memperbaiki komponen-komponen terkait mobil listrik yaitu motor, inverter, electric control software, dan baterai. Pengalaman ini menempatkan kami di posisi yang sangat bagus untuk langkah berikutnya, mobil listrik murni,” imbuhnya.

Rencana besar Toyota ini sejalan dengan keinginan Pemerintah Indonesia yang menargetkan 20% dari total produksi mobil di Indonesia merupakan kendaraan listrik.

“Kami mengidentifikasi 4 pilar penting dalam pengembangan kendaraan listrik: pertama, menciptakan konsumen yang suka mobil listrik; kedua, membangun rantai pemasok komponennya; ketiga dealer yang bagus agar bisa menjamin kehandalan kendaraan; keempat peraturan pemerintah,” kata Executive General Manager PT Toyota-Astra Motor, Fransiskus Soerjopranoto.

Toyota sendiri merupakan perintis kendaraan listrik dengan Toyota Prius yang diluncurkan pertama kali di Tokyo Motor Show 1997. Prius merupakan kendaraan hybrid yang menggunakan dua tenaga penggerak mobil yaitu motor listrik dan bensin. Prius lebih irit bahan bakar minyak (BBM) dan lebih ramah lingkungan dibanding mobil konvensional dengan mesinn bensin.

Di Tokyo Motor Show 2017, selain deretan kendaraan listrik, Toyota memarkan 2 konsep kendaraan fuel cell berbahan bakar hidrogen Toyota Fine-Comfort Ride dan bus Toyota Sora. [Idr]



Indra Prabowo

Indra Prabowo

Managing Editor

Berkarir sebagai seorang wartawan sejak 2002. Pada 2003, penulis menjadi jurnalis di bidang otomotif. Awal karirnya sendiri adalah seorang wiraniaga pada salah satu dealer brand mobil ternama di Indonesia.


Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang