Diskon PPnBM 100% Diteruskan, Diler-Diler Daihatsu Sudah Turunkan Harga Lagi

Berita Otomotif

Diskon PPnBM 100% Diteruskan, Diler-Diler Daihatsu Sudah Turunkan Harga Lagi

JAKARTA – Seluruh diler Daihatsu langsung menurunkan harga jual model-model yang mendapatkan insentif, ketika diskon Pajak Penjualan Barang Mewah (PPnBM) berlanjut hingga akhir 2021.

Insentif PPnBM 100 persen awalnya hanya ingin diberlakukan pada Maret-Mei tahun ini. Kemudian, pemerintah melalui Kementerian Keuangan (Kemenkeu) pada pertengahan Juni mengumumkan perpanjangan periode yang pertama hingga Agustus kemarin.

Pada Jumat (17/9/2021), Kemenkeu mengumumkan lagi perpanjang kedua yang berlangsung sampai Desember mendatang.

Marketing and Corporate Planning Director PT. Astra Daihatsu Motor (ADM) Amelia Tjandra menerangkan diler-diler mereka sudah menurunkan harga sejak pengumuman itu dibuat.

“Harga diskon PPnBM 100 persen untuk model-model kami (yang mendapatkan insentif) sudah lanjut lagi seperti (pada Maret-Agustus) kemarin. Tapi, untuk Terios, harganya memang tidak sama dengan bulan kemarin karen ada model baru yang punya IDS (Iddle Stop System). Jadi, mengalami sedikit peningkatan,” papar dia dalam peluncuran Terios terbaru pada akhir pekan lalu.

Daihatsu Terios dapat diskon PPnBM 100 persen mobil baru

Customer Relations and Marketing Division Head PT. Astra International – Daihatsu Sales Operation (AI-DSO) Hendrayadi Lastiyoso menambahkan pada perpanjangan diskon PPnBM 100 persen yang kedua pihaknya memang bisa langsung menerapkan kebijakan pemerintah.

Ini berbeda dengan masa perpanjangan yang pertama, ketika Daihatsu membutuhkan jeda waktu.

“Waktu itu, saat pemerintah mengumumkan pertama kali, baru ada pernyataan persnya. Tapi, untuk pengumuman kali ini sudah langsung ada peraturannya juga yaitu Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 120 Tahun 2021. Sudah ada kepastian bahwa setiap konsumen yang beli akan mendapatkan diskon PPnBM 100 persen,” papar dia.

Daihatsu mempunyai lima model yang berhak mendapatkan insentif PPnBM 100 persen karena memenuhi persyaratan dari pemerintah yakni berkapasitas mesin 1.500 ke bawah, dirakit di dalam negeri, serta punya kandungan komponen lokal minimal 60 persen.

Model-model itu ialah Rocky, Terios, Xenia, Gran Max minibus, Luxio. Pemesan model-model ini pada 1-16 September, pungkas Hendrayadi, juga akan mendapatkan pengembalian kelebihan uang.

Daihatsu Xenia

Selain untuk mobil-mobil 1.500 cc ke bawah, sebenarnya ada pula diskon PPnBM untuk mobil 1.501-2.500 cc dengan sistem penggerak dua roda atau pun empat roda. Adapun besarannya potongannya 50 persen atau 25 persen, tergantung sistem penggerak rodanya.

Insentif untuk kategori ini juga diteruskan sampai akhir 2021, dari sebelumnya hanya ingin diberikan pada April-Agustus. Akan tetapi, Daihatsu tidak memiliki ‘wakil’ di kategori 1.501-2.500 cc. [Xan]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar