Dihadang Banyak Masalah, Subhan Aksa Tetap Juara

Berita Otomotif

Dihadang Banyak Masalah, Subhan Aksa Tetap Juara

SERDANG BEDAGAI - Subhan Aksa bersama navigatornya Hade Mboi berhasil juara pertama di Kejuaraan Nasional Rally 2015 yang berlangsung di Rambong Sialang, Medan, sejak tanggal 16-18 Oktober 2015.

Perjuangan Subhan Aksa untuk meraih gelar juara tidaklah mudah. Berbagai rintangan menghadang pereli asal Makassar ini saat membesut Mitsubishi EVO X. Masalah-masalah yang dihadapi adalah banyak masalah teknis seperti suspensi, gearbox.

Pada SS (Special Stage/Trayek Khusus) 1, Mitsubishi Evo X sudah menabrak parit sehingga bumper depan penyok. Meski begitu, Ubang-sapaan akrabnya tetap jadi tercepat di SS1.

Ubang terus menempati posisi pertama sampai SS4. Kemudian problem teknis mengadangnya di SS5. Gearbox mobil rusak. Alhasil Ia tidak bisa memindahkan persneling, dan menyentuh garis finis dengan kecepatan seadanya. Untuk memperbaikinya, mobil Ubang tidak masuk parc ferme. Artinya Ia diganjar penalti catatan waktu 2 menit 30 detik dan posisinya di klasemen melorot ke urutan tiga.

 
Pimpinan lomba pada hari pertama lomba, Sabtu yang menggelar 5SS jadi milik Ryan Nirwan/Alex Ayal. Ubang harus mengejar 1 menit 34,3 detik di 4SS tersisa pada hari kedua lomba bila ingin juara. Ajaib bermodal cangkokan gearbox Evo X di mobil yang dipakainya saat survei lintasan, Ubang berhasil kembali ke posisi pertama.

Ubang jadi tercepat di SS 6 dan 7 sekaligus mengakhiri Rally Indonesia dengan gap 1 menit 41,2 detik dari urutan kedua yang ditempati rekan setimnya asal tim Firna Bosowa Rally Team (FBRT) Sports Batik Air, Priamanaya Djan/Herry Koentoyo. Sedangkan pimpinan lomba hari pertama, Ryan mengalami nasib sial. Mobilnya over heat di SS9. Sehingga tidak berhasil menyentuh garis finish.

Ubang menuturkan meski bisa mengejar ketinggalan pada hari kedua lomba, sejatinya penampilannya tidak sempurna. "Saya sempat menabrak tanggul di SS7. Tapi performa mobil tidak berubah. Kami juga pilih bermain aman di SS9. Karena kami sudah unggul jauh dari urutan kedua," ujarnya.

"Persaingan sangat sulit. Kami tidak hanya harus bersaing melawan kompetitor, tapi juga medan lomba yang begitu berat. Ditambah saya harus mengejar ketinggalan karena penalti yang saya dapat di hari pertama lomba," tutup Ubang. [Ikh/Idr]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



M Ikhsan

M Ikhsan

Pria ini sangat menyukai dunia otomotif karena sudah menjadi bagian hidupnya sejak kecil. Seperti para jurnalis otomotif lainnya, saya suka‬ pekerjaan yang mendetail dan suka dengan aktivitas outdoor yang penuh tantangan. Impian saya adalah mengoleksi supercar Italia, meski sekarang hanya bisa mengoleksi die cast. Tapi saya percaya suatu saat nanti, satu supercar akan terparkir di garasi rumah. ‎


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support