Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Diganggu Isu Suplai, Mazda Masih Yakin Bisa Kejar Target Penjualan 2023

Berita Otomotif

Diganggu Isu Suplai, Mazda Masih Yakin Bisa Kejar Target Penjualan 2023

JAKARTA – Mazda diganggu oleh isu suplai untuk salah satu model andalannya. Meski begitu, mereka masih percaya diri mampu mencapai target penjualan yang ditetapkan untuk 2023.

Managing Director PT Eurokars Motor Indonesia (EMI) Ricky Thio menjelaskan pasokan Mazda CX-5 untuk Indonesia sedang agak tersendat. Volume unit yang bisa disuplai dari negara pengimpornya yaitu Jepang turun-naik.

Alhasil, indennya pun kini agak lama.

“CX-5 indennya agak lama. Sisanya satu sampai dua bulan. Bagi Mazda, rata-rata inden normal itu satu sampai dua bulan,” kata dia di sela-sela End Year Media Gathering pada akhir November 2023 di Jakarta.

Mazda CX-5

CX-5 sendiri Ricky katakan sebagai salah satu model dengan kontribusi penjualan paling banyak untuk Mazda di Indonesia. Model ini bersanding bersama-sama dengan Mazda CX-3 serta Mazda3 hatchback sebagai tiga besar model terlaris.

Walaupun distribusi salah satu model andalannya agak mandek, ia masih yakin mampu merealisasikan target penjualan 5.000 unit pada akhir 2023.

“Kami cukup confident (percaya diri) untuk mencapai 5.000 unit di akhir tahun nanti, sih,” tegasnya.

Menilik data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), penjualan retail (dari diler ke konsumen) Mazda sepanjang Januari-Oktober 2023 mencapai 4.155 unit. Volume itu naik 42,6 persen jika dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya (year on year/yoy).

Artinya, Mazda masih punya ‘utang’ 845 unit yang harus digapai pada November dan Desember, jika ingin memenuhi target tahun ini.

Mazda Indonesia

Pada bulan terakhir 2023, Mazda coba mendorong penjualan dengan mengadakan event Power Drive pada 9-10 Desember di Senayan, Jakarta.

Dalam ajang test drive bagi konsumen tersebut, Mazda menyediakan seluruh model mereka untuk dijajal.

“Kami akan dorong barang-barang kami pada akhir tahun ini, salah satunya dengan Power Drive. Semua (akan kami dorong) mulai Mazda2, Mazda3, Mazda6, Mazda CX-3, Mazda CX-5, Mazda CX-60, dan lain-lain,” tandas Ricky.

“Sampai Mazda MX-5 RF juga akan ada di sana. Biasanya, di pameran-pameran seperti GIIAS, kan, model yang bisa dites terbatas. Dalam Power Drive ini, salah satu keunggulannya adalah konsumen bisa mencoba semua model. Kami bekerja sama dengan semua diler kami, terutama yang berada di Jabodetabek,” tambah General Manager Marketing and Communication EMI Pramita Sari. [Xan]



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang