Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Penjualan Naik Drastis, Mazda Yakin Bisa Jual 5.000 Mobil Tahun Ini

Berita Otomotif

Penjualan Naik Drastis, Mazda Yakin Bisa Jual 5.000 Mobil Tahun Ini

SEMARANG – Penjualan Mazda terpantau melonjak, dibandingkan tahun lalu. Mereka pun yakin bisa mencapai target yang dicanangkan pada 2023.

Mazda, menurut data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), membukukan penjualan retail sebanyak 3.780 unit sepanjang Januari-September 2023. Mereka menjadi merek mobil terlaris ke-11 di Tanah Air.

Jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya (year on year/yoy), penjualan Mazda terjadi kenaikan 51,5 persen, dari 2.495 unit.

Menurut Managing Director PT Eurokars Motor Indonesia (EMI) Ricky Thio, tahun ini memang Mazda tidak lagi mengalami masalah ketersediaan stok karena krisis cip semikonduktor seperti pada 2022. Oleh sebab itu, transaksi jual-beli mereka pun naik drastis.

Mazda CX-3

“Waktu awal-awal banget pada 2022 masih ada masalah cip semikonduktor, suku cadangnya juga. Nah, sekarang, suplainya sudah oke. Covid-19 juga sudah mereda. Tahun lalu, terutama di awal-awal, masih belum terlalu. Jadi, pengaruh dari situ ada, sih,” kata Ricky di sela-sela Media Test Drive Mazda CX-60 di Semarang, Jawa Tengah, Rabu (18/10/2023).

Di samping itu, aktivitas pemasaran serta penjualan Mazda, sambung dia, juga gencar. Ini tidak terjadi pada 2022.

“(Tahun lalu) aktivitas kami tidak terlalu banyak. Di Jakarta saja, kami sekarang lagi ada seri pameran CX-60 dari September sampai akhir November atau awal Desember. Pameran terus. Itu contoh aktivitasnya, yaitu pameran di mal-mal premium kayak Pondok Indah Mall, Plaza Senayan. Minggu ini sepertinya ada di Mall Kelapa Gading. Jadi, aktivitas-aktivitas kami sudah mulai banyak,” papar Ricky.

Ia kemudian menyebut tiga model yang menjadi kontributor utama penjualan Mazda sejauh ini. Model-model itu ialah Mazda CX-3, Mazda CX-5, Mazda3 hatchback.

“Kayaknya, kalau saya kira-kira, CX-3 itu sekitar 30 persen. CX-5 sekitar 25 persen. Mazda3 (hatchback) sekitar 15 persen,” tandasnya.

Mazda CX-5

Mazda sendiri menjual 13 model di pasar otomotif Indonesia.

Selain tiga model yang menjadi kontributor utama penjualan, masih ada Mazda2 hatchback, Mazda2 sedan, Mazda3 sedan, Mazda6 sedan, Mazda6 Estate, Mazda CX-30, Mazda CX-8, Mazda CX-9, Mazda CX-60, Mazda MX-60 RF.

Lebih lanjut, Ricky menyebut bahwa target penjualan Mazda hingga akhir 2023 adalah 5.000 unit. Melihat performa sejauh ini, ia yakin angka tersebut dapat mereka raih.

“Kami masih optimistis di angka 5.000 unit. Komposisinya masih tetap sama tiga besarnya CX-3, CX-5, Mazda3 (hatchback),” tutup dia. [Xan/Ses]



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang