Di Tengah Tren SUV, Kok Terios Cuma Mobil Terlaris Kelima Daihatsu?

Berita Otomotif

Di Tengah Tren SUV, Kok Terios Cuma Mobil Terlaris Kelima Daihatsu?

JAKARTA - Terios hanya menjadi mobil terlaris kelima Daihatsu di Indonesia periode Januari-April 2022. Padahal, tren sport utility vehicle (SUV) makin kencang menerpa di Indonesia.

Berdasarkan data yang diberikan Daihatsu, kontribusinya pada empat bulan pertama 2022 berada di bawah Sigra, Gran Max pikap, Xenia, serta Ayla.

SUV yang terakhir kali mendapatkan ubahan model signifikan pada akhir 2017 ini, sepanjang Januari-April kemarin, membukukan penjualan retail 6.805 unit.

Terios menyumbang 10,91 persen dari total performa retail Daihatsu pada periode tersebut yang mencapai 62.347 unit.

Ini terjadi ketika penjualan SUV secara total di Indonesia sudah melampaui multi purpose vehicle (MPV). Tahun lalu, transaksi jual-beli SUV dari seluruh segmen mencapai 26 persen dari pasar mobil nasional, sedangkan MPV 25 persen.

Daihatsu Terios

Kondisi penjualan Terios, menurut klaim Marketing and Customer Relations Division Head PT. Astra International - Daihatsu Sales Operation (AI-DSO) Hendrayadi Lastiyoso, bukan karena permintaannya yang drop.

Malahan, ia mengaku permintaan Terios ‘sedang bagus-bagusnya’.

“Meskipun (menjadi kontributor Daihatsu) nomor lima, bukan berarti permintaan terhadap Terios turun. Sebenarnya, kalau saya bicara dengan teman-teman di cabang, dengan para kepala wilayah, permintaan Terios itu lagi bagus-bagusnya,” ucap dia menanggapi pertanyaan Mobil123.com dalam Media Gathering pada Kamis (19/5/2022) di Sunter, Jakarta.

Adapun penyebab penjualan Terios kalah dari mobil-mobil non-SUV Daihatsu, menurut Hendrayadi, adalah krisis cip semikonduktor global. Ini membuat pabrik PT. Astra Daihatsu Motor (ADM) harus menyeimbangkan produksi antarmodel.

Apalagi, saat ini ada All New Xenia yang baru meluncur pada November 2021 kemarin.

“Xenia lagi naik daun juga,” pungkas dia.

Daihatsu Terios

Di sisi lain, Hendrayadi tidak merasa penjualan Terios bisa dikategorikan buruk. Lalu, jika suplai dari pabrik nantinya sudah bisa diperbanyak, penjualannya pun akan meningkat.

“Seandainya suplainya bisa lebih banyak, bisa mengeimbangi permintaannya, mungkin bisa lebih baik penjualannya. Tapi, bukan berarti itu tidak baik. Kami merasa itu adalah titik optimal yang bisa diberikan dari tim ADM dalam hal suplai Terios,” tutup Hendrayadi.

Selain Terios, Daihatsu sekarang juga mempunyai SUV murah lain yaitu Rocky yang malahan hanya menjadi kontributor ketujuh penjualan jenama tersebut dengan volume 4.381 unit pada Januari-April 2022.

Akan tetapi, beberapa waktu lalu Hendrayadi sudah menjelaskan kalau khusus untuk SUV lima penumpang tersebut pihaknya masih belajar karena memasuki segmen yang baru. [Xan/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar