Dealer Porsche Kembalikan Rp 38 Miliar Uang Konsumennya

Berita Otomotif

Dealer Porsche Kembalikan Rp 38 Miliar Uang Konsumennya

FLORIDA – Dealer Porsche di Amerika Serikat (AS) setuju mengembalikan uang konsumen-konsumen mereka senilai total puluhan miliar rupiah yang hilang dicuri mantan pegawai.

Champion Porsche, salah  satu dealer terbesar Porsche yang berlokasi di Florida AS, dikabarkan sepakat mengganti rugi 2,5 juta dollar AS (Rp 38,09 miliar) uang para konsumen yang raib karena tertipu oleh mantan karyawan dealer. Uang tersebut akan mulai dibayarkan pada Jumat (12/10/2018) mendatang.

“Kami ingin memastikan bahwa para korban ini dapat menyelesaikan masalah ini sehingga dari perspektif kepuasan konsumen mereka dapat merasakan hasil semaksimal mungkin,” tandas Roy Diaz, Kuasa Hukum Champion Porsche, seperti dikutip dari Carscoops.

Nasib nahas para konsumen Champion Porsche dimulai saat salah satu pegawai dealer bernama Shiraaz Sookralli mendirikan perusahaan cangkang (shell company) bernama Champion Autosport. Sookralli kemudian mendekati para konsumen untuk menyakinkan mereka menyetor tanda jadi untuk pemesanan kendaraan, di antaranya Porsche 911 GT3 serta Porsche GT3 RS.

Konsumen-konsumen itu percaya dan melakukannya, entah karena Sookralli merupakan karyawan lama di dealer atau karena ia menduduki posisi strategis. Akan tetapi, setelah meyakinkan konsumen-konsumen tersebut, Sookralli menghilang tanpa jejak.

Champion Porsche saat ini sedang menyusun perjanjian tertulis dengan para konsumen untuk pembayaran lebih dari Rp 38 miliar tersebut. Mereka menegaskan bakal ‘mengejar’ Sookralli demi menuntut ganti rugi dan mengisi kembali kas mereka.

Tuntutan hukum sejak bulan lalu sudah diajukan oleh Champion Sport terhadap Sookralli, istrinya, hingga Champion Autosport yang menjadi perusahaan cangkangnya. Rekening Champion Autosport di Bank of America sudah dibekukan, tapi uang yang tersimpan di sana hanya tersisa 40 dollar AS (sekitar Rp 609 ribu).

Champion Porsche sudah meminta pengadilan untuk membekukan empat rekening bank milik personal yang menerima transfer dari Champion Autosport dan terhubung dengan Sookralli.

Investigasi terus berlanjut hingga berita ini dinaikkan dan Sookralli masih belum ditemukan. Champion Porsche sendiri mengatakan kepada pengadilan bahwa mereka sedang berkomunikasi dengan sang mantan pegawai melalui email. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar