Datsun 7 Days Challenge: Gegar Bahasa Sepanjang Perjalanan

Review

Datsun 7 Days Challenge: Gegar Bahasa Sepanjang Perjalanan

JAKARTA – Perjalanan Datsun 7 Days Challenge yang melewati enam provinsi di pulau jawa menyisakan beberapa pengalaman menarik. Khususnya soal ragam bahasa yang tim temukan sepanjang perjalanan.

Datsun Go Panca dan Datsun Go+ Panca yang digunakan oleh Tim diselimuti sticker sebagai tanda program Datsun 7 Days Challenge. Keberadaannya kerap mengundang perhatian banyak orang hampir di setiap detinasi yang tim kunjungi.

Tak ragu-ragu mereka mendekat dan spontan melontarkan pertanyaan. Yang menarik disetiap destinasi pertanyaan terlontar dalam beberapa bahasa dan logat. Mereka sangat tertarik prihal kondisi mesin yang terus hidup sepanjang pertanyaan.

“Mesine murup terus yo mas? Iku gak panas yo? Nek overheat piye? (mesinnya hidup terus ya mas? Itu gak panas ya? Kalo overheat gimana?),” tanya seseorang pengunjung di Telaga Sarangan sembari menunggang kuda.

Salah satu tim yang kebetulan bisa sedikit berbahasa Jawa menjawab berusaha menjawab dan mencampurnya dengan bahasa Indonesia. Ketika tahu tim tidak bisa berbahasa jawa mereka langsung bertanya dengan bahasa Indonesia.

Hal demikian juga kami temukan ketika masuk ke kota Bandung. Kebetulan saat kami singgah di daerah dan parkir di salah satu restoran makan khas sunda, ada pengunjung mengajukan pertanyaan yang relatif sama namun dengan bahasa Sunda.  

“Wis alus euy mesinna Datsun, kuat pisan henteu ruksak dianggo jalan jauh (Mesin Datsun bagus, kuat sekali tidak rusak),” ujar pengunjung restoran itu. Meski diantara tim tidak ada yang fasih berbahasa Sunda pertanyaan bisa terjawab dan komunikasi tetap lancar.

Menarik memang kultur yang ada di Indonesia yang jika ditotal memiliki lebih dari seribu bahasa daerah. Menariknya lagi, menurut hasil penelitian pada tahun 2015 menyebutkan bahwa Indonesia menjadi negara di urutan pertama dengan penduduk yang bisa 3 bahasa. Rata-rata dari penduduk bisa berbicara dengan bahasa Indonesia, Inggris dan Jawa.

Untuk diketahui tempat kedua dan ketiga dalam penelitian ini adalah Arab Saudi dan Spanyol. Rata-rata penduduk Arab Saudi mengerti bahasa Arab, Inggris dan Urdu serta otang Spanyol yang terbiasa dengan bahasa Spanyol, Inggris dan Catalan. [Ari]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



Krisna Arie

Krisna Arie

Senang semua benda bermesin dan beroda sejak duduk di bangku sekolah dan memulai bekerja di media dengan segmen otomotif sejak tahun 2002. Pria sederhana ini selalu percaya pekerjaan akan lebih sempurna jika didasari dengan passion.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual