Datsun 7 Days Challenge : Ajang Pembuktian Ketahanan Mesin Datsun

Review

Datsun 7 Days Challenge : Ajang Pembuktian Ketahanan Mesin Datsun

JAKARTA - Banyak yang mengira bahwa mobil Low Cost Green Car atau LCGC memiliki harga murah karena ketahanannya berada di bawah rata-rata mobil segmen lain di Indonesia. Namun Datsun telah menunjukkan kualitasnya sebagai salah satu produsen mobil LCGC dengan kualitas terbaik melalui serangkaian test menantang.

Kini, Datsun Indonesia bersama Mobil123 dan Otospirit menantang 2 model Datsun dengan cara yang berbeda. Datsun Go Panca dan Datsun Go+ Panca akan ditantang ketahanan mesinnya dengan melakukan perjalanan mengelilingi 6 provinsi di Jawa tanpa mematikan mesin sama sekali kecuali saat mengisi bensin.

“Perjalanan yang diberi nama ‘Datsun 7 Days Challenge’ ini akan melalui semua jenis medan perjalanan baik itu tol, jalan nasional, pegunungan maupun pesisir pantai. Dengan demikian, diharapkan pengujian ini dapat menjawab keraguan kemampuan dari mobil-mobil Datsun,” ungkap Indra Prabowo, Managing Editor Mobil123.com dan Otospirit.com.

Sementara itu, Muhammad Ikhsan, Team Leader dalam perjalanan Datsun 7 Days Challenge mengatakan bahwa perjalanan yang dilakukan selama 7 hari ini akan memaksa mesin mobil bekerja lebih keras dibanding biasanya.

“Umumnya, mobil LCGC hanya digunakan sebagai kendaraan sehari-hari yang dalam 1 hari hanya dinyalakan beberapa jam. Kondisi jalan yang dilalui juga cenderung monoton di dalam perkotaan. Kami ingin mencoba Datsun dengan cara yang tidak biasa yaitu menggunakan Datsun Go Panca dan Datsun Go+ Panca melalui 6 provisi tanpa mematikan mesin. Dengan ini kita akan lebih mengenal kekuatan mesin Datsun yang sebenarnya,” ungkap Ikhsan.

Datsun Go Panca dan Datsun Go+ Panca menggunakan mesin HR12DE berkapasitas 1.198cc. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 68 hp dan torsi mencapai 104Nm. Jumlah ini terbilang cukup untuk menempuh perjalanan yang umum digunakan oleh konsumen Datsun di Indonesia.

Perbedaan antara Datsun Go Panca dan Datsun Go+ Panca yang paling utama terletak pada jumlah tempat duduk. Jika Datsun Go Panca hanya mampu menampung 5 penumpang, maka Datsun Go+ Panca menampung penumpang 5+2 (5 orang dewasa dan 2 anak-anak).

Untuk harga, Datsun Go Panca 3 varian yaitu T, T-Option dan T-Active. Untuk Datsun Go Panca T dijual dengan harga paling terjangkau yaitu Rp 105,1 juta. Datsun Go Panca T-Option dijual lebih mahal yaitu Rp 105,6 juta. Sedangkan Datsun Go Panca T-Active menjadi model termahal yaitu Rp 110.6 juta.

Sedangkan Datsun Go+ Panca memiliki varian yang lebih banyak yaitu 6 tipe. Datsun Go+ Panca D hadir dengan harga Rp 94,6 juta. Di atas itu ada Datsun Go+ Panca A dengan harga Rp 102,3 juta. Datsun Go+ Panca A-Option menjadi pilihan selanjutnya yang dilepas dengan harga Rp 102,8 juta. Datsun Go+ Panca T dihargai Rp 109,85 juta. Datsun Go+ Panca T Option 112,85 juta. Sementara Datsun Go+ Panca T Style menjadi model tertinggi dan dijual dengan harga Rp 118,45 juta. [Adi/Ari/Idr]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter

 



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support