Data Perbandingan Daihatsu Sigra dan Datsun Go+ Panca

Review

Data Perbandingan Daihatsu Sigra dan Datsun Go+ Panca

JAKARTA – Persaingan di segmen LCGC semakin panas dengan kelahiran MPV LCGC Daihatsu Sigra. Kehadirannya tentu membuat konsumen lebih leluasa memilih sebuah kendaraan terjangkau dengan kapasitas penumpang banyak.

Sebelumnya hanya Datsun Go+ Panca yang memiliki 3 baris di segmen LCGC dan telah masuk ke pasar Indonesia sekitar 2 tahun lalu. Praktis dalam kurun waktu itu tanpa pesaing yang seimbang. Datsun Indonesia menyebut model ini dapat menampung penumpang 5+2, yang artinya 5 orang dewasa plus 2 anak-anak, tidak secara jelas untuk 7 penumpang.

Tepat pada Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016, duet Daihatsu dan Toyota  meluncurkan Sigra dan Calya yang notabene-nya bermain di kelas LCGC namun dengan tegas menyebut dapat menampung 7 orang penumpang. Tentunya lawan yang berat bagi Datsun Go+ Panca.

Berdasarkan pertimbangan harga yang lebih dekat, kami memilih untuk membandingkan Datsun Go+ Panca dengan Daihatsu Sigra. Berikut adalah data masing-masing berdasarkan yang dilansir oleh situs resmi serta brosur keduanya.

Dimensi
Dilansir dari situs resmi Daihatsu Indonesia, Sigra hadir dengan panjang 4070 mm, lebar 1655 mm dan tinggi 1600 mm. Sementara untuk wheelbase Sigra memiliki ukuran 2.525 mm serta ground clearance mancapai 180mm. Untuk radius putar, Sigra mencapai 4,5 meter.

Dengan dimensi ini, maka Sigra cukup untuk menampung 7 orang dewasa. Catatan baris ketiga hanya bisa maksimal diisi 2 orang dewasa bertinggi maksimal 160 cm (masuk dalam rata-rata tinggi orang dewasa di Indonesia). Bangku baris kedua bisa diatur maju mundur, jadi antar penunpang tengah dan belakang bisa berbagi porsi ruang kaki.

Sigra juga memiliki kabin yang fleksibel. Pertama memiliki akses keluar masuk yang cukup baik serta posisi jok dapat dilipat dengan mudah dan dimanfaatkan sesuai kebutuhan.

Sedangkan Go+ Panca memiliki panjang 3.995 mm, lebar 1.635 mm, tinggi 1.490 mm, wheelbase 2.450 mm dan ground clearance mencapai 170mm. Untuk radius putar, Go+ Panca mencapai 4,6 m. Dengan dimensi ini, maka Go+ Panca cukup untuk menampung 5 orang dewasa dan 2 orang anak kecil. 

Mesin
Daihatsu Sigra memiliki 2 pilihan mesin yaitu 1KR-VE, DOHC VVT-i, 3 silinder berkapasitas 998cc. Mesin ini sanggup melepaskan tenaga sebesar 66hp dan torsi mencapai 89Nm. Sedangkan pilihan kedua adalah mesin 3NR-VE, DOHC Dual VVT-i, 4 silinder berkapasitas 1.197 cc. Mesin ini mampu memproduksi tenaga sebesar 86hp dan torsi mencapai 108hp.

Sedangkan Go+ Panca hanya memiliki 1 pilihan yaitu mesin 3 silinder HR12DE yang sanggup memproduksi tenaga sebesar 67 hp dan torsi puncak mencapai 104Nm. Meski terlihat kecil, namun mesin ini telah terbukti mampu bekerja selama 24 jam non-stop (kecuali saat pengisian bensin) pada ‘Datsun 7 Days Challenge’.

Transmisi
Sigra dilengkapi dengan 5 percepatan manual dan 4 percepatan otomatis. Pilihan transimisi ini memudahkan pelanggan untuk memilih sesuai kebutuhan dan kemampuan mengemudi.

Sementara untuk Go+ Panca hanya dilengkapi dengan transmisi manual 5 percepatan. Namun beredar kabar bahwa Go+ Panca akan memiliki transmisi otomatis tahun depan.

Harga
Harga biasanya menjadi pertimbangan paling utama bagi konsumen untuk membeli mobil sebuah mobil. Untuk itu, baik Daihatsu maupun Datsun sudah menyiapkan harga yang paling cocok untuk konsumennya.

Daihatsu Sigra memiliki 10 tipe, termasuk tipe dengan mesin 998cc. Untuk itu, Daihatsu memiliki rentang harga yang cukup jauh yaitu mulai dari 106,6 juta hingga Rp 147,350 juta. Sebagai tambahan, Daihastu Sigra dengan mesin 1.197cc paling murah adalah tipe X M/T yang dibanderol Rp 124,850 juta.

Sementara Go+ Panca tidak memiliki rentang harga sebanyak itu. Datsun hanya memiliki 6 tipe dengan rentang harga Rp 94,6 juta hingga Rp 118,450 juta. Meski lebih sedikit, namun harga yang ditawarkan sangat kompetitif. [Adi/Ari/Idr]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual