Daimler Indonesia Mulai Produksi Mercedes-Benz Axor Berstandar Emisi Euro 4

Berita Otomotif

Daimler Indonesia Mulai Produksi Mercedes-Benz Axor Berstandar Emisi Euro 4

JAKARTA - PT Daimler Commercial Vehicles Manufacturing Indonesia (DCMVI) mendukung penerapan standar emisi Euro 4 pada mesin diesel. Hal ini ditunjukkan mulai dengan merakit Mercedes-Benz Axor berstandar emisi Euro 4 di pabrik Wanaherang, Bogor. 

Pemerintah pusat melalui Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) memastikan penerapan standar emisi Euro 4 untuk kendaraan bermesin diesel akan berlaku efektif mulai April 2022. 

Sejatinya kebijakan tersebut berlaku April 2021, karena berbagai pertimbangan ditambah lagi adanya wabah virus Corona maka penerapan Euro 4 mundur satu tahun.

Semua pabrikan otomotif di dalam negeri menerima keputusan tersebut dan menyatakan siap untuk mengimplementasi standar emisi Euro 4 di semua kendaraannya yang menggunakan mesin diesel. 

Seperti yang kini telah dilakukan oleh DCMVI. Meski aturan baru tersebut berlaku tahun depan, tapi pihaknya sudah mulai mempersiapkan diri sejak dini, dengan memproduksi Mercedes-Benz Axor yang telah memenuhi standar emisi Euro 4. 

Menandai perakitan pertama Mercedes-Benz Axor berstandar emisi terbaru, pada Selasa, (7/12/2021), DCMVI mengelar upacara serah terima unit pedana secara simbolis kepada PT Daimler Commercial Vehicles Indonesia (DCVI) di Bogor.

Turut hadir dalam acara tersebut perwakilan manajemen dari DCVMI serta DCVI.

Jung Woo Park, President Director DCVI dalam keterangan resminya menyatakan penyerahan unit Mercedes-Benz Axor Euro 4 menjadi salah satu bukti komitmen perusahaan dalam mendukung program pemerintah mengenai perbaikan lingkungan. 

"Kami berkomitmen melakukan proses transisi lewat penyempurnaan pada produk unggulan kami. Kami pun senang bisa membuka babak baru buat Indonesia yang lebih ramah lingkungan dengan hadirkan teknologi selective catalytic reduction dan Adblue," ucap Jung Woo Park.

Sementara itu, Karthikeyan Moorthy, General Manager DCVMI menyebut pabrik yang berada di Wanaherang siap mendukung penuh penerapan standar emisi Euro 4 di Indonesia dan menghadirkan produk sesuai kebijakan yang berlaku.

"Melalui perakitan di pabrik Wanaherang kami dengan proses produksi dan sistem mutu berstandar Daimler yang unggul, kami yakin dapat menghasilkan produk yang andal. Selain itu, PT DCVMI berkomitmen untuk melanjutkan beberapa model tambahan untuk lokalisasi, buatan tangan Indonesia, sebagai dedikasi kami untuk industri dalam negeri,” tegas Karthikeyan.  

Pembaruan Mercedes-Benz Axor 

Pada kesempatan yang sama, DCVI membawa penyegaran pada rangkaian produk Mercedes-Benz Axor. Penyegaran kali ini berfokus pada eksterior dan interior.

Dari segi eksterior diberikan Roof Sun Visor untuk melindungi mata pengemudi dari silau cahaya sinar matahari dan pembaruan desain pada bumper.

Bagian interior kini di dominasi oleh warna hitam, coklat dan beige. Selain itu, pola warna jok menjadi 3D pattern yang mendukung tampilan mewah dari interior Axor. 

"Kami menghadirkan penyempurnaan baru pada produk unggulan ini melalui peningkatan di berbagai line-up sehingga kami mampu menyiapkan truk yang dapat beroperasi dengan lebih efisien, lebih tangguh dan sesuai dengan kondisi pasar Indonesia," tutur Faustina, Head of Product & Marketing DCVI.

Penyempurnaan produk yang ada saat ini akan dilanjutkan pada seri Axor Euro 4.

"Kami akan memperkenalkannya secara resmi pada tahun 2022 dan kami sudah siap dengan persiapan purna jual," tutup Faustina. [AP/Ses]




Berita Utama


Komentar