Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Daihatsu Xenia yang Kena Recall di Indonesia pada Awal 2024 Mencapai 43.427 Unit

Berita Otomotif

Daihatsu Xenia yang Kena Recall di Indonesia pada Awal 2024 Mencapai 43.427 Unit

JAKARTA – Jumlah Daihatsu Xenia yang terkena kampanye recall (penarikan dan perbaikan gratis) pada awal 2024 menyentuh lebih dari 43 ribu unit.

Seperti diberitakan sebelumnya, Daihatsu mengumumkan recall Xenia generasi terbaru pada Selasa (13/2/2024). Ada dua hal yang mendasari kebijakan tersebut yakni potensi masalah pada nut (mur) pada shock absorber dan front door beam.

Recall Xenia terbanyak disebabkan oleh alasan pertama.

“Untuk unit yang terlibat SSC (Special Service Campaign) nut/mur shock absorber pada model All New Xenia sebanyak 42.017 unit produksi November 2021 sampai September 2023,” kata Marketing and Corporate Planning Director PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Sri Agung Handayani via pesan singkat kepada Mobil123.com baru-baru ini.

recall Daihatsu Xenia 2024

Sementara itu, jumlah Xenia yang terkena recall akibat front door beam relatif minim. Populasi unit yang terdampak kurang dari 1.500 unit.

“Untuk SSC door beam pintu depan kanan sebanyak 1.410 unit produksi November 2022,” ucap Agung.

Dengan demikian, total unit Xenia yang terkenal recall dari kedua penyebab itu mencapai 43.427 unit.

Agung menjelaskan kalau para pelanggan bisa mengecek sendiri Xenia miliknya termasuk dalam program recall atau tidak. Caranya adalah dengan mengakses situs resmi ssc.daihatsu.co.id, kemudian memasukkan nomor rangka kendaraan miliknya.

“Atau menghubungi call center Daihatsu di 1-500-898,” tukasnya.

recall Daihatsu Xenia 2024

Recall Xenia akibat nut shock absorber depan memerlukan waktu pengerjaan yang singkat yakni kisaran 30 menit.

Pasalnya, prosesnya hanya pengencangan mur agar tidak terjadi skenario-skenario buruk suara bising yang tidak normal, mur lepas dan menganggu kestabilan berkendara, hingga shock absorber depan lepas lalu memicu kecelakaan ketika berkendara dalam kecepatan tinggi.

Recall Xenia yang disebabkan oleh front door side impact beam, di sisi lain, memerlukan waktu pengerjaan dengan estimasi 3-4 jam.

Pasalnya, prosesnya lebih rumit yaitu perbaikan pengelasan yang kurang sempurna atau kurang tepat pada sektor itu, sehingga bisa lepas saat benturan samping atau tidak berfungsi sebagaimana mestinya dan menyebabkan cedera serius pada pengemudi.

Daihatsu tidak melaporkan adanya kejadian atau insiden di Indonesia yang diakibatkan oleh kedua sebab recall Xenia pada Februari 2024. ‘Saudara’ Xenia yakni Toyota Avanza dan Toyota Veloz pun terkena recall karena alasan-alasan yang sama. [Xan]



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang