All New Daihatsu Ayla Bisa Lebih Laku dari Daihatsu Xenia?

Berita Otomotif

All New Daihatsu Ayla Bisa Lebih Laku dari Daihatsu Xenia?

YOGYAKARTA – Peluncuran Daihatsu Ayla generasi terbaru Maret kemarin mendorong penjualan model tersebut, hingga ‘memepet’ Daihatsu Xenia.

Data internal jenama asal Jepang tersebut menunjukkan penjualan retail (distribusi diler ke konsumen) All New Daihatsu Ayla ‘hanya’ berselisih beberapa ratus unit dari Xenia, sepanjang Januari-April 2023.

Perbedaan itu terbilang sangat kecil untuk merek mobil terlaris kedua di Indonesia ini.

All New Ayla terjual sekitar 8.300 unit selama empat bulan pertama 2023, dengan kontribusi 11,7 persen terhadap total penjualan Daihatsu yang mencapai 71.600-an unit. Sementara itu, Xenia laku 8.500-an unit dan menyumbang 11,8 persen.

All New Ayla sekarang menjadi model terlaris kelima Daihatsu untuk periode tersebut dan Xenia berada persis di atasnya. Apakah posisi itu bisa berbalik?

Daihatsu Ayla 2023

Marketing and Customer Relations Division Head PT. Astra International – Daihatsu Sales Operation (AI-DSO) Hendrayadi Lastiyoso mengatakan Ayla dan Xenia sering saling bertukar posisi. Ayla pun punya rekam jejak menempati posisi lebih tinggi dari ranking lima.

“Kontribusinya (Ayla) sekarang 11,7 persen, tapi dulu sebenarnya bisa 16 persen-an. Jadi, bisa saja lebih naik lagi karena bisa peringkat keempat,” ucap dia menanggapi pertanyaan Mobil123.com di sela-sela Media Test Drive All New Ayla, Kamis (11/05/2023) di Yogyakarta.

Potensi itu ada karena sebenarnya penjualan nasional All New Ayla secara efektif baru kisaran satu bulan.

Soalnya, setelah peluncuran pada 10 Maret, rentetan seremoni perkenalan regional model ini baru kelar pada 5 April dan itu pun masih dipotong libur panjang Lebaran 2023.

“Jadi, penjualannya masih dalam waktu singkat. (Kehadirannya) dua bulan secara kalender, tapi secara hari kerja mungkin baru satu bulan,” tukas Hendrayadi.

Daihatsu Xenia 2023

Di sisi lain, tukar-menukar ranking All New Ayla dengan Xenia sifatnya juga sangat situasional.

“Misalnya, Xenia pernah turun karena produk lama sehingga Ayla lebih tinggi dari Xenia. Lalu Xenia menjadi lebih tinggi karena Xenia baru akhirnya meluncur (Agustus 2022—Red),” jelasnya.

Daihatsu sendiri sangat optimistis dengan All New Ayla karena city car itu tergolong low cost green car (LCGC), kategori mobil-mobil termurah di Indonesia yang menjadi incaran para pembeli mobil pertama yang notabene merupakan fokus konsumen Daihatsu.

“Kami optimistis dengan Ayla sebagai salah satu backbone karena masih dalam segmen LCGC,” tutup Hendrayadi. [Xan]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang