Daihatsu Rocky Indonesia Lebih Panjang dari Versi Jepang

Berita Otomotif

Daihatsu Rocky Indonesia Lebih Panjang dari Versi Jepang

JAKARTA - Daihatsu Rocky akhirnya resmi dipasarkan di Indonesia setelah cukup lama menjadi perbincangan masyarakat. Nama Rocky sendiri memiliki nilai historis bagi para pelanggan setianya.

Kendaraan jenis SUV ini hadir lebih dulu di Jepang yang merupakan negara asalnya. Lalu negara Tetangga Malaysia juga telah memasarkan mobil bergaya Jip ini. Kabar masuknya Rocky ke Tanah Air sebenarnya sudah mulai beredar dari tahun lalu. Bahkan di awal tahun, banyak beredar spyshoot Rocky tengah melakukan tes jalan dengan kamuflase.

Uniknya proyek mobil kembar Daihatsu - Toyota untuk kesekian kalinya ini mendapat satu 'perlakuan khusus'. Sebelum resmi diluncurkan, Rocky maupun Raize sudah tercantum sebagai kendaraan penerima diskon PPnBM yang dirilis pada awal Maret 2021.

Keduanya resmi diperkenalkan pada 28 April 2021. Barulah dua hari kemudian Rocky dan Raize mulai dipasarkan. Jika berdasarkan informasi sebelumnya, Rocky akan dipasarkan dalam dua pilihan mesin yakni 1.0-L dan 1.2-L. Nyatanya PT Astra Daihatsu Motor (ADM) baru memasarkan 1 pilihan mesin yaitu 1.0-L yang didukung oleh turbocharger. Disebutkan bahwa versi mesin 1.2-L akan hadir pada kuartal 2 2021.

Bicara spesifikasi, Daihatsu Rocky ternyata memiliki perbedaan dengan versi yang dipasarkan di Jepang. Dalam proses pengembangan mobil ini, tim Research and Development ADM ikut berperan, untuk memastikan kendaraan sesuai dengan kebutuhan masyarakat Tanah Air.
Daihatsu Rocky Indonesia

Dikatakan bahwa Rocky versi Jepang lebih pendek daripada yang ditawarkan di Tanah Air. Sekadar informasi, Rocky di negeri Sakura memiliki dimensi panjang 3.995 mm, lebar 1.695 mm dan tinggi 1.620 mm. Sementara untuk Indonesia panjangnya mencapai 4.030 mm, lebarnya 1.710 mm dan tingginya 1.635 mm. Dari data di atas, terdapat sedikit perbedaan pada dimensi kendaraan di dua negara.

"Rocky di Indonesia memiliki sedikit perbedaan dengan Jepang. Perbedaannya terletak pada foglamp, bumper dan ban. Kami melakukan beberapa penyesuaian untuk memastikan kendaraan tetap nyaman digunakan di Tanah Air," ucap Amelia Tjandra, Marketing Director dan Corporate Planning and Communication Director PT ADM.

Perbedaan dimensi khususnya panjang terletak pada bagian bumper. ADM melakukan sedikit penyesuaian pada bagian tersebut. Ban juga mengalami ubahan ketinggian agar mampu melibas banyak medan jalan di Tanah Air. Dikatakan bahwa Rocky telah melalui pengetesan di 24 jenis jalan di Indonesia. [Dew/Had]



Denny Basudewa

Denny Basudewa

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar