Daihatsu Rocky Lolos Sempurna Uji Tabrak, Jadi Dijual di Indonesia ?

Mobil Baru

Daihatsu Rocky Lolos Sempurna Uji Tabrak, Jadi Dijual di Indonesia ?

OSAKA - Daihatsu Rocky raih rating tertinggi 5 bintang dalam uji keselamatan Japan New Car Assessment Program (JNCAP). Nasibnya di Indonesia sendiri belum jelas.

Mobil123.com sempat melihat langsung Daihatsu Rocky saat mengunjungi Tokyo Motor Show 2019. First impression, selain punya namanya yang sudah cukup dikenal, kehadiran Rocky kelak di Indonesia diprediksi bisa memberikan warna tersendiri pada pasar low SUV atau SUV compact.

Hasil uji tabrak yang diraih Daihatsu Rocky tentu memperkuat portofolionya sebagai pendatang baru. Dan ada tiga aspek utama dalam penilaian JNCAP yang meliputi perlindungan terhadap penumpang, perlindungan bagi pejalan kaki serta pengingat sabuk pengaman.

Lima bintang yang diperoleh ini terdiri dari raihan point 85,7 dari total 100 poin untuk performa keselamatan saat tabrakan. Sementara preventive safety performance meraih 73,6 poin dari total 141.

Lebih lanjut, untuk proteksi pengemudi saat tabrakan frontal penuh dinilai level empat dari lima sementara penumpang level lima. Untuk tabrakan offset, sisi pengemudi dipatok level 5 begitu juga penumpang. Tak ketinggalan untuk tabrakan sampung meraih angka yang sama.


Hasil yang diraih Daihatsu Rocky tentu tidak lepas dari sisi rancang bangunnya. Mulai dari penggunaan platform berbasis DNGA (Daihatsu New Global Architecture) plus beberapa fitur keselamatan modern seperti Smart Assist System, terdiri dari 17 perangkat safety aktif, Blind Spot Monitor (BSM) dan Rear Cross Traffic Alert (RCTA).

Modal di atas ini kemudian dikemas dalam sebuah SUV dimensi kompak, dengan paduan aura sporty dan elegan. Tarikan garisnya garisnya sepintas mirip SUV-SUV buatan Hyundai yang berkiblat dengan gaya Eropa.

Rocky memiliki dimensi panjang 3.995 mm, lebar 1.695 mm dan tinggi 1.620 mm. Sementara jarak sumbu rodanya sebesar 2.525 mm serta secara total memiliki bobot tidak lebih dari 1 ton atau tepatnya 980 kg. Mobil ini dilengkapi dengan mesin 1.0-liter turbo bertenaga 96 hp dan torsi 140 Nm.

Sejati saat di TMS ada satu pilihan mesin yakni 1.2-liter. Namun pihak Daihatsu Jepang tidak memberikan keterangan lebih lanjut.

Apakah ini terkait dengan kemungkinan Daihatsu Rocky akan diluncurkan di Indonesia ?. Kala itu Mobil123.com hanya menduga, mesin 1.2-liter ini sama dengan yang milik Agya dan Calya berkode 3NR-VE DOHC Dual VVT-i bertenaga 86.5 hp serta torsi 107.9 Nm.

Sampai berita ini diturunkan, belum ada keterangan resmi dari Astra Daihatsu Motor (ADM) akan produknya yang punya kembaran Toyota Raize. 


“Kita riset dulu. Ini bukan buat pasar saja tapi persiapan segala sesuatunya. Menjual sesuatu itu kan harus ada persiapannya. Kalau ini (Daihatsu Rocky) kan segmen baru, bisa tidak kami menjualnya?” terang Amelia Tjandra, Direktur Marketing PT ADM pada Februari 2020 lalu.

Sementara H. Ashitani, Customer Service Directorate Daihatsu Motor Company memberikan signal positif. Ia menyebutkan jika Rocky akan masuk Indonesia 2021.

"Rocky rencananya akan diperkenalkan di Indonesia tahun depan," katanya beberapa waktu lalu saat acara Daihatsu NasionalTechnical Skill Contest 2020, di Sunter, Jakarta Utara. 

Akankah duet Daihatsu - Toyota berikutnya di Indonesia akan jatuh pada Rocky dan Raize dan mulai dijual 2021 ?. Nantikan kabar selanjutnya. [Ari]



Krisna Arie

Krisna Arie

Senang semua benda bermesin dan beroda sejak duduk di bangku sekolah dan memulai bekerja di media dengan segmen otomotif sejak tahun 2002. Pria sederhana ini selalu percaya pekerjaan akan lebih sempurna jika didasari dengan passion.


Berita Utama


Komentar