Daihatsu Rocky Berkelir Kuning Menjadi Unit Produksi ke-7 Juta

Berita Otomotif

Daihatsu Rocky Berkelir Kuning Menjadi Unit Produksi ke-7 Juta

JAKARTA – PT Astra Daihatsu Motor (ADM) merayakan pencapaian barunya, yakni produksi mobil ke-7 juta unit di Indonesia, setelah 43 tahun berkiprah.

Daihatsu Rocky berkelir kuning dengan mesin 1,2 liter menjadi unit ke-7 juta yang diproduksi oleh ADM.

Memulai produksi pada 1978, Daihatsu mengawali langkahnya sebagai manufaktur mobil di Tanah Air. ADM mulai memproduksi mobil secara utuh dan mencapai unit ke-1 juta pada 2005.

Pabrikan mobil asal Jepang tersebut membutuhkan waktu setidaknya 27 tahun, hingga mencapai produksi 1 juta unit kendaraan. Namun, untuk 1 juta unit selanjutnya ditempuh dalam waktu lebih singkat yakni 5 tahun atau tepatnya pada 2010.

Angka produksi ADM terus meningkat seiring dengan berjalannya waktu. Pada 2013, mereka membukukan produksi ke-3 juta unit.

Selanjutnya pada 2015 dan 2017, mereka kembali membulatkan produksinya menjadi 4 juta unit dan 5 juta unit.

Angka produksi Daihatsu terus meningkat dan tahun ini merupakan pencapaian yang luar biasa.

Di masa pandemi Covid-19 yang tengah melanda Indonesia sejak awal 2020, ADM tetap membukukan prestasi. Pada Juli 2021, mereka berhasil mencapai produksi mobil ke-7 juta unit.


Unit Mobil Daihatsu

Saat ini ADM memiliki fasilitas produksi mobil di kawasan Sunter, Jakarta Utara dan Karawang, Bekasi, Jawa Barat. Kedua pabrik tersebut diketahui memiliki kapasitas produksi hingga 530.000 unit per tahun.

Dalam lima tahun terakhir (2017 – 2021), ADM memproduksi kendaraan dan berkontribusi rata-rata sekira 40 persen dari wholesales pasar mobil domestik Tanah Air.

Berbagai inovasi yang dilakukan ADM menjadi salah satu faktor pencapaiannya selama ini. Lalu dengan penerapan inovasi pabrik di masa pandemi, menjadi langkah efektif untuk memenuhi kebutuhan pasar dengan standar kualitas global.
Pabrik Daihatsu

Selain itu, di masa pandemi ADM juga melakukan adaptasi yang optimal dalam hal produksi kendaraan. Hal ini guna mendukung program Pemerintah untuk menekan laju perkembangan kasus covid-19 di Indonesia.

“Pencapaian produksi ke-7 juta unit merupakan momentum penting bagi ADM. Terlebih di tengah kondisi pandemi hingga saat ini. Daihatsu terus berkomitmen dalam memenuhi kebutuhan pelanggan dengan menyediakan produk terbaik sesuai permintaan,” kata Kurniawan Rahardono, Executive Officer PT Astra Daihatsu Motor (ADM). [Dew/Ses]



Denny Basudewa

Denny Basudewa

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar