Mulai Ekspor dari Pelabuhan Patimban, Daihatsu Kirim Mobil-Mobil Merek Toyota

Berita Otomotif

Mulai Ekspor dari Pelabuhan Patimban, Daihatsu Kirim Mobil-Mobil Merek Toyota

JAKARTA - Ekspor perdana Daihatsu melalui Pelabuhan Patimban ditandai pengapalan mobil-mobil merek Toyota ke negara tetangga di Asia Tenggara (ASEAN).

Sebanyak 1.200 mobil Daihatsu rakitan Indonesia, seperti dijelaskan dalam keterangan resmi yang diterima Mobil123.com, dikapalkan ke Filipina melalui Pelabuhan Patimban yang diresmikan tahun lalu pada Jumat (17/12/2021) kemarin.

Model-model yang diekspor secara utuh (Completely Built Up/CBU) antara lain adalah yang bermerek Toyota seperti Rush, Avanza, Wigo (Agya untuk pasar luar negeri--Red), serta Raize.

“Partisipasi ini merupakan bentuk dukungan dan peluang bagi Daihatsu untuk mendukung kegiatan ekspor secara maksimal di pelabuhan Patimban dalam meningkatkan industri otomotif nasional, sekaligus devisa negara,” ujar Export Import Division Head PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Johan.

Toyota Raize rakitan pabrik Daihatsu

Ekspor Daihatsu pada akhir pekan lalu dilakukan bersamaan dengan seremoni Penyerahan Pengelolaan (Hand Over) Pelabuhan Patimban dari pemerintah kepada PT Pelabuhan Patimban International (PPI). Sebelumnya, pelabuhan baru di Indonesia ini dioperasikan oleh PT Pelindo serta Kementerian Perhubungan.

Dengan begitu, mulai sekarang, pengelolaan pelabuhan yang dibangun oleh konsorsium Jepang-Indonesia tersebut sepenuhnya dilakukan oleh swasta.

"Lewat dukungan dari swasta nasional, dan Jepang, hal ini dapat meningkatkan indeks logistik nasional. Kolaborasi pelabuhan Patimban dan Tanjung Priok dapat menjadi salah satu basis ekspor kendaraan dalam meningkatkan industri otomotif nasional,” kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dalam seremoni.

Lebih lanjut, Daihatsu sendiri mengekspor mobil-mobil rakitan Indonesia ke 75 negara. Region tujuannya tidak hanya ASEAN, tapi juga Asia Selatan, Asia Timur, Timur Tengah, Afrika, sampai Amerika Latin.

Toyota Rush rakitan pabrik Daihatsu

Ini, klaim Daihatsu, menjadi bukti mobil-mobil mereka yang dirakit lokal sudah berstandar kualitas global dan dipercaya pasar internasional.

Di samping mengekspor model dengan merek Daihatsu maupun Toyota, ada juga merek Mazda dengan modelnya Bongo.

Menilik data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Daihatsu menjadi penyumbang ekspor mobil CBU terbesar sepanjang Januari hingga November 2021. Merek asal Jepang yang merupakan ‘adik’ Toyota ini mengapalkan lebih dari 108 ribu unit unit.

Kontribusi Daihatsu mencapai 40,6 persen dari total ekspor mobil CBU Indonesia yang menyentuh 267.224 unit. [Xan/Dms]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar