Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Daihatsu Merek Mobil Paling Laris di Sulawesi Utara 5 Tahun Terakhir

Berita Otomotif

Daihatsu Merek Mobil Paling Laris di Sulawesi Utara 5 Tahun Terakhir

TOMOHON – Daihatsu mengklaim sebagai merek mobil paling laris di Sulawesi Utara lima tahun berturut-turut.

Kepala Wilayah Indonesia Bagian Timur PT. Astra International – Daihatsu Sales Operation (AI-DSO) Tulus Pambudi mengatakan merek tersebut menjadi nomor satu di Sulawesi Utara sejak 2018 hingga year to date (ytd) April 2022.

Pada Januari-April tahun ini, Daihatsu menjual 1.566 unit di provinsi tersebut. Di bawahnya ada Toyota dengan capaian 1.149 unit, disusul Honda dengan 463 unit.

Bahkan, pangsa pasar yang berhasil digapai Daihatsu tahun ini menjadi yang terbesar dalam kurun waktu tersebut.

“Di Sulawesi Utara, Daihatsu pada ytd April 2022 nomor satu dengan pangsa pasar hampir 34 persen (33,89 persen—Red). Kemudian diikuti Toyota dengan pangsa pasar 25 persen dan Honda dengan pangsa pasar 10 persen,” terang Tulus di tengah Media Test Drive Daihatsu Sirion facelift, Selasa (21/6/2022).

Daihatsu Ayla 2022

Adapun total pasar mobil Sulawesi Utara pada empat bulan pertama mencapai 4.621 unit. Tidak disebutkan, berapa perbandingannya dengan periode yang sama tahun sebelumnya (year on year/yoy).

Selain di Sulawesi Utara, Tulus menerangkan Daihatsu juga nomor satu di Sulawesi Tenggara, Gorontalo.

“Di Indonesia, yang sering bahkan berturut-turut nomor satu untuk Daihatsu memang di wilayah-wilayah itu. Di yang lainnya memang kami rata-rata nomor dua atau nomor tiga. Secara keseluruhan (nasional), Daihatsu nomor dua. Tahun ini, insya Allah kami bisa mempertahankannya untuk yang ke-14 kalinya,” tambah Marketing and Customer Relations Division Head AI-DSO Hendrayadi Lastiyoso.

Alasan Daihatsu Nomor Satu di Sulawesi Utara

Menurut Tulus, ada beragam alasan mengapa Daihatsu menjadi yang paling laku di Sulawesi Utara. Dari sisi karakter pasar, konsumen-konsumen di sana ia akui cukup konsumtif dalam urusan kendaraan, tapi juga masih sangat sensitif terhadap harga.

Indikatornya antara lain adalah besarnya komposisi model-model low cost green car (LCGC) terhadap penjualan mobil di Sulawesi Utara. Dalam lima tahun terakhir, kontribusinya bahkan sempat mencapai 42 persen yaitu pada 2019.

Pada ytd April 2022 pun, ‘sumbangan’ model-model LCGC ke penjualan mobil Sulawesi Utara masih 38 persen.

Daihatsu Sigra 2022

Dari sisi Daihatsu, Tulus menyebut mereka mampu memberikan paket kredit menarik, memanfaatkan rantai jaringan Grup Astra. Bahkan, tenor kredit mereka bisa mencapai delapan tahun.

Selanjutnya, Daihatsu sering memberikan promo tematik yang disesuaikan dengan perayaan agama serta budaya lokal.

Lalu, tingkat kepuasan konsumen di tiga jaringan diler di Sulawesi Utara mencapai 98,3 persen. Hasil ini di atas rata-rata diler Daihatsu secara nasional yang 98 persen.

“Salah satu kunci orang kembali lagi (ke satu merek) untuk membeli menurut saya adalah kepuasan konsumen. Inilah yang berhasil dilakukan teman-teman kami di Sulawesi Utara ini,” tutup Tulus. [Xan/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang