Daihatsu Hanya Akan Segarkan Beberapa Model Lama di 2020

Berita Otomotif

Daihatsu Hanya Akan Segarkan Beberapa Model Lama di 2020

JAKARTA – Daihatsu tidak akan menambah lini produk mereka untuk pasar Indonesia tahun ini. Pabrikan asal Jepang tersebut akan bersaing dengan mengandalkan model-model lama yang disegarkan.

Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) pada tahun ini memperkirakan pasar mobil nasional akan berjumlah 1.050.000 unit. Data penjualan sepanjang 2019 sendiri belum keluar, tapi menurut perkiraan mereka adalah sekitar 1 juta unit.

Kondisi pasar tak begitu berkembang ini bakal dilalui Daihatsu tanpa penambahan produk. Meski demikian, ada produk-produk lama yang disegarkan tapi jumlahnya pun tak banyak.

“Walau tidak ada penambahan produk lagi, produk yang lama beberapa akan kami perbaharui,” tandas Amelia Tjandra, Direktur Pemasaran PT. Astra Daihatsu Motor (ADM), usai Konferensi Pers Awal Tahun pada akhir pekan lalu di Sunter, Jakarta.

Daihatsu kini mempunyai sembilan model di Indonesia. Model-model itu ialah Sigra, Xenia, Terios, Ayla, Gran Max minibus, Granmax pikap, Luxio, Sirion, Hi-Max.

Keterangan Amelia sekaligus menegaskan bahwa Rocky, sport utility vehicle (SUV) yang meluncur di Tokyo Motor Show (TMS) 2019 dan dikembangkan bersama Toyota Raize, tidak bakal terlihat di Nusantara tahun ini. Akan tetapi, ia tidak menampik kemungkinan menghadirkannya pada tahun-tahun mendatang.

“Nanti pada waktunya pasti akan kami informasikan, yang jelas tahun ini tidak ada,” tukasnya.

Amelia sendiri baru bisa membocorkan satu model yang akan disegarkan yaitu Sirion. Peluncurannya dijadwalkan terjadi pada Maret.

“Target kami tahun ini tidak ingin muluk-muluk, ingin mempertahankan capaian saat ini, yaitu market share 17 persen,” sebut dia.

Momen peluncuran Sirion, tambah Hendrayadi Lastiyoso selaku Marketing and CR Division Head PT. Astra International – Daihatsu Sales Operation, juga bakal mereka gunakan untuk memperbaiki paket kredit city car tersebut. Saat ini, penjualan Sirion mencapai rata-rata 150 unit per bulan.

Sekadar mengingatkan, Daihatsu mengklaim raihan penjualan 177.588 unit pada 2019. Menurut perkiraan mereka, capaian tersebut sudah bisa membuat mereka mempertahankan posisi sebagai merek kedua terlaris secara retail selama 11 tahun berturut-turut. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support