Daihatsu Ceria Bekas, City Car Langka di Indonesia

Panduan Pembeli

Daihatsu Ceria Bekas, City Car Langka di Indonesia

JAKARTA – Daihatsu Ceria bekas bisa menjadi pilihan menarik untuk masyarakat yang ingin mobil bekas unik, kecil dan harga bersaing.

Jika melihat daftar kendaraan yang diiklankan di Mobil123, Daihatsu Ceria hanya tersedia 1 unit saja. Daihatsu Ceria bekas yang diiklankan tersebut adalah model tahun 2002 dan dijual dengan harga Rp 37 juta. Meski dijual di Jawa Timur, mobil ini menggunalan plat kendaraan B dan telah dimodifikasi di beberapa bagian.

Dalam iklan tersebut disampaikan bahwa kondisi mobil masih baik sehingga bisa langsung digunakan pemilik. Demikian surat-surat kendaraan juga diklaim masih lengkap dan pajak kendaraan masih hidup.

Daihatsu Ceria sendiri pertama kali diluncurkan pada tahun 2001 dan menjadi salah satu city car yang bersaing dengan Hyundai Atoz dan Suzuki Karimun. Sayang pada tahun 2006, mobil ini dihentikan penjualannya dan diganti dengan Daihatsu Sirion hingga sekarang.

ceria bekas

Menariknya, ketika itu Daihatsu Indonesia mengimpor mobil ini secara utuh dari Perodua Malaysia. Dan kini, Daihatsu Sirion juga diperlakukan serupa yaitu mengimpor secara utuh dari Perodua Malaysia.

Daihatsu Ceria bekas menggunakan mesin berkapasitas 847 cc yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 36 hp dan torsi hingga 63 Nm. Dengan mesin yang kecil, efisiensi BBM pun terbilang cukup tinggi dan cocok untuk digunakan di perkotaan. Dalam iklan tersebut juga diklaim bahwa mesin belum dilakukan perubahan.

Dimensinya yang mungil memang merupakan salah satu keunggulan tersendiri. Panjang mobil hanya 3.365 mm, lebar 1.405 mm dan tinggi 1.200 mm. Mungilnya mobil ini memang menjadi ciri khas city car pada tahun tersebut. 

Daihatsu Ceria bekas

Desainnya sendiri pun patut untuk menjadi perhatian sendiri. Pasalnya, grille Daihatsu Cerita bekas dibuat terpisah sehingga menyerupai grille BMW. Sementara pada bagian belakang, tampilannya pun terkesan sederhana meski sudah ada tambahan aksesoris di belakang.

Nilai tambah pada mobil yang dijual di Mobil123 adalah velgnya sudah diganti menjadi lebih apik. Dalam iklan tersebut juga disebutkan bahwa kondisi ban masih baik dan ban cadangan pun tersedia. Guna memberikan nilai tambah, aki telah diganti dengan yang baru.

Tak hanya itu, dalam iklan tersebut juga disebutkan bahwa kondisi kaki-kaki mobil masih dalam kondisi baik. Seluruh panel dari Daihatsu Ceria bekas juga diklaim berada dikondisi normal sehingga bisa menjaga kenyamanan berkendara.

Sayangnya, di Mobil123 pilihan Daihatsu Ceria bekas tidak banyak sehingga cukup menyulitkan bila ingin mencari unit lain. Meski demikian, beberapa model dari brand berbeda mungkin bisa menjadi alternatif.

Salah satunya adalah Hyundai Atoz bekas yang jumlah iklannya di Mobil123 mencapai 29 pilihan dari berbagai tahun, kondisi dan harga. Demikian juga Suzuki Karimun bekas yang jumlah iklannya mencapai 78 dengan berbagai tahun, kondisi dan harga. Semua bisa disesuaikan dengan keinginan dan kebutuhan. [Adi/Idr]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar