Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Daihatsu Belum Mau ‘Main’ di Pasar Mobil Listrik Indonesia pada 2023

Berita Otomotif

Daihatsu Belum Mau ‘Main’ di Pasar Mobil Listrik Indonesia pada 2023

JAKARTA – Daihatsu belum ingin masuk ke pasar mobil listrik di Indonesia pada 2023. Mereka menilai segmen itu belum jadi kebutuhan konsumen kebanyakan.

Marketing and Corporate Planning Director PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Sri Agung Handayani mengatakan pihaknya kelak pasti masuk ke pasar elektrifikasi yang semakin ramai.

Namun, hal itu belum akan terjadi pada 2023.

Daihatsu belum yakin mobil hybrid maupun mobil listrik sudah menjadi permintaan dasar (basic demand) dari pasar otomotif Indonesia.

“Ini basic demand yang riil atau trendsetter demand? Itu kami pelajari betul,” tukasnya menanggapi pertanyaan Mobil123.com di sela-sela Media Gathering, Selasa (17/1/2023) di Senayan, Jakarta.

“Kalau basic demand, mobilnya ingin dipakai saat itu juga. Tapi kalau digunakan untuk mobil pengganti kami katakan itu second buyer,” lanjutnya.

Daihatsu Rocky Hybrid

Sekadar informasi, industri dan pasar mobil listrik nasional berkembang lebih pesat dalam beberapa tahun terakhir.

Pada 2022 kemarin bahkan mulai hadir model-model rakitan lokal yakni Hyundai Ioniq 5, Wuling Air EV, Wuling Almaz hybrid, Toyota Kijang Innova Zenix.

Pemicunya adalah insentif fiskal maupun non-fiskal yang diberikan pemerintah. Terakhir, muncul wacana memberikan subsidi Rp40 juta bagi mobil hybrid dan Rp80 juta untuk mobil listrik murni.

Agung menjelaskan kalau kontribusi penjualan mobil listrik terhadap pasar Januari—Desember 2022 yang mencapai 1,013 juta unit secara retail sudah menyentuh 2,7 persennya.

Meski begitu, ia menuturkan bahwa pasar yang saat ini menjadi fokus Daihatsu adalah segmen pembeli mobil pertama alias first car buyer yang belum melirik mobil listrik.

Harga on the road (OTR) Jakarta mobil-mobil Daihatsu pun, jika melihat situs web resmi mereka, tidak ada yang menyentuh Rp300 juta.

mobil hybrid Daihatsu

Konsumen-konsumen di segmen first car buyer dinilai masih sangat mempertimbangkan keterjangkauan biaya kepemilikan mobil secara total alias total cost of ownership.

“Siapa yang akan isi pasar ICE? ((internal combustion engine/mobil bermesin pembakaran internal). Kami, kalau di Daihatsu, masih akan masuk di pasar mobil ICE,” tegasnya.

Daihatsu tidak sepenuhnya diam di tengah tren mobil listrik yang makin besar.

Mereka telah memamerkan sekaligus mempelajari Daihatsu Ayla BEV.

Pada Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022, mereka juga memamerkan Daihatsu Rocky hybrid. [Xan/Dms]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang