Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Chery Omoda 5 Versi Listrik Mulai Dibuat di Indonesia, Jumlah SPK sudah 400 Unit

Mobil Listrik

Chery Omoda 5 Versi Listrik Mulai Dibuat di Indonesia, Jumlah SPK sudah 400 Unit

JAKARTA – Chery memulai produksi Omoda 5 EV (electric vehicle) di Indonesia pada Desember 2023, sekitar empat bulan setelah pemesanan resminya dibuka.

Seremoni perakitan lokal Omoda 5 EV berlangsung pada Sabtu (2/12/2023) di Pondok Ungu, Bekasi. Sama seperti mobil-mobil konvensional Chery, mobil listrik tersebut dibuat di pabrik milik PT Handal Indonesia Motor (HIM).

Bersamaan dengan itu, Omoda 5 EV juga diberikan nama baru yaitu Omoda E5. Ini adalah pertama kalinya model tersebut diproduksi di Asia Tenggara.

Omoda E5 sendiri pertama kali diperlihatkan ke publik Tanah Air pada Agustus 2023, melalui ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) di Serpong, Tangerang. Dalam pameran tersebut, merek mobil asal China ini kemudian juga membuka pemesanan resmi Omoda E5.

mobil listrik Chery Omoda E5

“Mobil listrik Chery Omoda E5 yang diproduksi perdana kemarin di kawasan Asia Tenggara merupakan hasil terbaru dan menunjukkan komitmen kami terhadap pasar Indonesia. Kami akan terus mendorong inovasi teknologi, menyediakan solusi mobilitas yang lebih ramah lingkungan, lebih cerdas, dan lebih nyaman bagi konsumen Indonesia,” kata President Director Chery International Zhang Guibing yang hadir langsung di seremoni, seperti dikutip dari keterangan resmi pada akhir pekan lalu.

Menariknya, Guibing membeberkan aktivitas manufakturing Chery di Indonesia bakal berperan penting bagi bisnis mereka secara internasional. Pasalnya, negeri ini kelak menjadi pusat produksi maupun distribusi mobil listrik setir kanan.

Menurut President PT Chery Motor Indonesia (CMI) Chen Chunqing, dimulainya produksi Omoda E5 di Indonesia menjadi langkah nyata yang menunjukkan komitmen Chery mendukung transisi energi hijau di negeri ini.

“Kami percaya mobil listrik adalah masa depan transportasi dan kami berkomitmen untuk menjadi bagian dari solusi dalam mengurangi emisi karbon di Indonesia,” ujar President PT Chery Motor Indonesia (CMI) Chen Chunqing.

mobil listrik Chery Omoda E5

Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto yang hadir dalam seremoni mengapresiasi langkah Chery memproduksi lokal Omoda E5. Ia berharap Chery tak hanya melirik pasar domestik, tapi juga ekspor.

“Dengan pengalaman kuat Chery dalam produksi dan ekspor kendaraan, kami juga berharap bahwa Chery akan menjadikan Indonesia sebagai basis produksi dan ekspor untuk mobil listrik,” tegas Airlangga.

Pada kesempatan berbeda, General Manager Marketing CMI Rifkie Setiawan menyebut produksi Omoda E5 dilakukan lebih cepat dari jadwal semula, demi memenuhi inden 400 unit yang terkumpul sejak Agustus hingga kini. Versi listrik dari Omoda 5 tersebut kemudian ingin didistribusikan kepada para pemesannya mulai kuartal satu 2024.

"Perakitan Omoda E5 kami lakukan lebih cepat untuk memenuhi pelanggan yang sudah inden sebanyak 400 unit hingga saat ini, sejak kehadirnya pertama kali pada GIIAS 2023, Agustus lalu. Kami berharap 400 unit ini bisa memenuhi pelanggan sampai dengan Q1 (kuartal satu) 2024,” kata Rifkie dalam acara ulang tahun Forum Wartawan Otomotif (Forwot) di Sentul, Bogor, Minggu (3/12/2023). [Xan]



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang