Cek Hal Berikut Ini Sebelum Mudik

Panduan Pembeli

Cek Hal Berikut Ini Sebelum Mudik

JAKARTA – Sebelum melakukan perjalanan mudik, pastikan untuk melakukan beberapa pemeriksaan agar keamanan rumah Anda selalu terjaga.

Ada banyak hal yang harus dilakukan sebelum meninggalkan rumah untuk mudik. Pasalnya mudik merupakan perjalanan yang terbilang cukup panjang ketimbang perjalanan liburan lain. Hal ini dikarenakan perjalanan yang dilakukan cukup panjang.

Lantas apa saja yang harus diperhatikan ketika kita meninggalkan rumah untuk mudik?

Kunci rumah
Pastikan rumah telah terkunci rapat. Tidak hanya pintu, namun jendela dan pagar juga sudah harus terkunci dengan rapat. Ini perlu dilakukan untuk menghindari adanya maling yang masuk ke dalam rumah.

Tutup keran air
Pastikan sudah menutup keran air di rumah. Bila tidak maka air akan terbuang percuma dan ketika tiba di rumah, Anda akan menemukan bahwa air cadangan sudah terbuang.

Lepaskan sambungan listik
Lepas stop kantak listik. Hal ini dilakukan untuk menghindari terjadi konsleting listrik yang berpotensi menyebabkan kebakaran.

Pastikan gas tidak bocor
Salah satu penyebab ledakan dan kebakaran di rumah adalah adanya gas bocor. Dengan memastikan gas tidak bocor atau melepas selang gas dari tabung maka dapat mengurangi resiko terjadinya kebakaran.

Kunci ganda kendaraan
Kendaraan yang tidak digunakan dan ditinggal di rumah sebaiknya diberikan perlindungan ekstra dengan cara menambahkan kunci. Dengan mengunci ganda kendaraan diharapkan maling akan berpikir dua kali untuk mencuri. Khusus untuk sepeda motor, tidak ada salahnya untuk memasukkannya ke dalam rumah ketimbang mengambil resiko memarkirkan sepeda motor di halaman rumah.

Koordinasi dengan RT/RW
Meninggalkan rumah kosong tanpa penghuni sebaiknya melapor terlebih dahulu dengan pihak RT/RW dan pihak keamanan. Hal ini perlu dilakukan agar pihak keamanan memberikan kewaspadaan yang lebih baik. [Adi/Ari]

Temukan mobil idaman di Mobil123        
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter

 



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support