Catatan Dramatis Jorge Lorenzo di MotoGP 2015

Berita Otomotif

Catatan Dramatis Jorge Lorenzo di MotoGP 2015

JAKARTA - Jorge Lorenzo kembali dinobatkan sebagai juara dunia setelah merebut kemenangan di MotoGP Valencia 2015. Balapan di Sirkuit Ricardo Tormo pun kembali menorehkan sejarah baru untuk Lorenzo di dunia balap MotoGP.

Pebalap asal Spanyol itupun berhasil meraih gelar juara dunia ke-5 sepanjang karir balapnya (2 kali di kelas 250 cc dan 3 kali di kelas MotoGP). Untuk diketahui sepanjang MotoGP 2015, perebutan gelar juara musim balap kali ini sangat sengit, terutama untuk Lorenzo. Prestasi gemilang Lorenzo musim balap tahun ini terbilang tidak mudah.

Pebalap tim Yamaha Movistar ini harus berjibaku di ganasnya lintasan MotoGP untuk jangka waktu cukup lama. Bagaimana kilas balik Jorge Lorenzo di MotoGP musim 2015? Yuk kita simak bersama-sama.

1. MotoGP Qatar 2015
Jorge Lorenzo harus puas finish di urutan keempat. Perlombaan akhirnya dimenangkan oleh rekan satu tim Lorenzo di Yamaha, Valentino Rossi. Jorge menjelaksan keagalannya mempertahankan posisi terdepan karena terjadi masalah dengan helmnya pada GP seri pembuka di Sirkuit Losail, Qatar.

2. MotoGP Amerika 2015
Melihat performa Jorge Lorenzo dengan Yamaha YZR-M1 di Qatar sama buruknya dengan MotoGP Amerika. Lorenzo harus finish diurutan keempat, sementara rekan satu tim Lorenzo di Yamaha, Valentino Rossi di posisi ketiga. Dan Marc Marquez diuruan pertama.

3. MotoGP Argentina 2015
Jorge Lorenzo berusaha untuk mengerjar ketertinggalan di MotoGP Argentina 2015. Namun pertarungan akhirnya dimenangkan oleh Rossi setelah Marquez justru terjatuh saat keduanya terlihat sedikit bersenggolan. Jorge Lorenzo harus puas finish diurutan kelima.

4. MotoGP Spanyol 2015
Persaingina sengit di Sirkuit Jerez, Spanyol akhirnya berhasil dimenangkan oleh Jorge Lorenzo. Lorenzo melesat ke depan untuk memenangkan balapan MotoGP 2015 yang pertama di tahun ini. Marc Marquez yang start dari posisi ke-2 harus mengakhiri lomba di posisi ke 2, di mana bersaing ketat dengan Valentino Rossi yang berhasil merangsek ke posisi 3.

5. MotoGP Prancis 2015
MotoGP 2015 Prancis di Le Mans berakhir dengan kemenangan kedua Jorge Lorenzo musim ini. Sedangkan rekan setimnya, Valentino Rossi yang melesat dari start ketujuh hanya bisa finish di belakang Lorenzo.

6. MotoGP Italia 2015
Jorge Lorenzo berhasil mempertahankan finish terdepan di MotoGP 2015 Italia yang berlangsung di Sirkuit Mugello. Lorenzo tidak menghadapi perlawanan berarti dari Marc Marquez karena terjatuh di pertengahan lomba.

7.  MotoGP Catalunya 2015
Hasil MotoGP Catalunya 2015 berhasil dimenangkan kembali oleh pebalap Movistar Yamaha, Jorge Lorenzo sekaligus menduduki podium tertinggi dalam balapan motor paling bergengsi tersebut. Finish di belakang Lorenzo adalah Valentino Rossi.

8. MotoGP Belanda 2015
Pada balapan yang berlangsung di Sirkuit Assen, Jorge Lorenzo tampil kurang maksimal. Alhasil MotoGP 2015 Assen dimenangkan oleh Valentino Rossi. The Doctor meraih gelar juara Grand Prix Belanda setelah bertarung mati-matian dengan Marc Marquez. Pebalap nomor 99 Lorenzo harus puas naik podium paling buncit.

9. MotoGP Jerma 2015
Jorge Lorenzo belum bisa membuktikan ketangguhannya di Sirkuit Sanchsenring, Jerman. Hasilnya, Lorenzo tidak naik podium, akibat finish diurutan keempat. Di atas Lorenzo ada rekan setimnya, Valentino Rossi.

10. MotoGP Indianapolis 2015
Jorge Lorenzo mulai memperlihatkan kelincahannya di Indianapolis, meski puas finish di posisi kedua, tapi memperbanyak poin. Posisi pertama direbut oleh Marc Marquez. Jorge Lorenzo yang tampil cukup konsisten dalam beberapa balapan berhasil mengumpulkan 186 poin.

11. MotoGP Czech 2015
Jorge Lorenzo berhasil memenangkan MotoGP Ceko 2015 di Sirkuit Brno Automotodrom. Saat balapan, Lorenzo menyajikan performa luar biasa. Ia berhasil melepaskan diri sebagai yang pertama di Brno, dan menjadi kemenangan pertama di Brno untuk Yamaha sejak 2010. Pebalap movistar asal spanyol berhasil menekuk rekan satu timnya Valentino Rossi.

12. MotoGP Inggris 2015
Persaingan Jorge Lorenzo dan Valentino Rossi kembali memanas di Sirkuir Silverstone, Inggris. Valentino Rossi yang start dari posisi keempat sangat puas finish di posisi pertama. Sementara Lorenzo menyentuh garis finish di posisi keempat. Alhasil poin terbanyak masih dimiliki Rossi

13. MotoGP San Marino 2015
Usahan Jorge Lorenzo menjadi terdepan dalam balapan ini terhenti pada tujuh lap tersisa. Dia harus terhenti akibat tidak bisa mengatasi hujan menderas. Padahal saat itu Lorenzo sudah termotivasi untuk menang, namun kondisi cuaca dan trek yang rumit mempengaruhi hasil balapan Lorenzo.

14. MotoGP Aragon 2015
Jorge Lorenzo akhirnya menciptakan peluang untuk menang di MotoGP musim 2015. Lorenzo tampil sebagai pemenang di Sirkuit Aragon. Lorenzo dengan sangat mudah menjadi tercepat di antara rival-rivalnya.

15. MotoGP Jepang 2015
Lorenzo memiliki awal yang baik untuk balapan di Sirkuti Twin Ring Motegi, Jepang. Namun kondisi trek basah memaksa dia untuk menurunkan kecepatan dan memungkinkan pesaing untuk menyalip. Lorenzo akhirnya finish ketiga di belakang Rossi.

16. MotoGP Australia 2015
Bukan Jorge Lorenzo yang afinish lebih dulu di MotoGP 2015 Phillip Island Australia, namun rivalnya yakni Marc Marquez. Sangat menyedihkan bagi Lorenzo karena disusul oleh Marquez di lap terakhir. Kendati demikian kemenangan Lorenzo sudah di depan mata, karena ada selisih 11 poin dari pemuncak klasemen MotoGP 2015, Rossi.

17. MotoGP Malaysia 2015
Satu minggu kemudian, Lorenzo memberikan kinerja brilian di Sirkuit Internasional Sepang. Meskipun star dari posiis kedua dalam perlombaan panas dan penuh ketegangan terik, namun Ia berhasil menunggangi Yamaha YZR-M1 di urutan kedua. Sinyal kemenangan pun semakin kuat. Kemenangan Lorenzo di Malaysia mengurangi celah 5 poin dari Rossi dengan hanya satu putaran balap tersisa.

18. MotoGP Valencia 2015
Valencia menjadi balapan penentu bagi Jorge Lorenzo. Pebalap asal Spanyol ini berhasil finish urutan pertama yang membawa sebagai juara MotoGP musim 2015. Rekan satu tim Yamaha Movistar, Valentino Rossi yang start paling buncit dan tidak bisa manfaatkan sesi balapan.

Jorge Lorenzo berhasil meraih kumulatif 330 poin, di mana beda tipis dengan Valentino Rossi hanya memliki selisih 5 poin saja. Rossi finish di belakang Lorenzo, Marc Marquez dan Dani Pedrosa. [Ikh/Idr]

Temukan motor idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



M Ikhsan

M Ikhsan

Pria ini sangat menyukai dunia otomotif karena sudah menjadi bagian hidupnya sejak kecil. Seperti para jurnalis otomotif lainnya, saya suka‬ pekerjaan yang mendetail dan suka dengan aktivitas outdoor yang penuh tantangan. Impian saya adalah mengoleksi supercar Italia, meski sekarang hanya bisa mengoleksi die cast. Tapi saya percaya suatu saat nanti, satu supercar akan terparkir di garasi rumah. ‎


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual