Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Google Maps Bisa Diatur untuk Hindari Aturan Ganjil-Genap Terbaru, Ini Caranya

Panduan Pembeli

Google Maps Bisa Diatur untuk Hindari Aturan Ganjil-Genap Terbaru, Ini Caranya

JAKARTA - Aplikasi navigasi di smartphone seperti Google Maps bisa diatur untuk memberitahukan rute yang sesuai dengan perluasan ganjil-genap terkini.

Aturan ganjil-genap terbaru bisa jadi akan membuat pusing mereka yang masih menggunakan mobil pribadi untuk beraktivitas sehari-hari. Mereka pun dihadapkan pada beberapa pilihan, entah membeli mobil kedua--baik itu baru atau bekas--dengan plat nomor berbeda, meninggalkan kendaraan di rumah untuk mulai naik commuter line dan ojek online, atau mencari berbagai rute alternatif untuk pergi dan pulang kantor.

Sekadar mengingatkan, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mulai 9 September nanti memberlakukan rekayasa lalu lintas berdasarkan nomor pelat ganjil-genap pada 16 ruas jalan baru, sehingga total ruas jalan yang terkena kelak menjadi 25. Sejak awal Agustus hingga 8 September, uji coba serta sosialisasi aturan diberlakukan.

Tak hanya itu, persimpangan menuju gerbang masuk tol dan keluar gerbang tol kelak juga bakal terkena. Ada 28 gerbang tol di sekitar Ibu Kota yang terimbas.

Bagi mereka yang punya anggaran lebih, tentu pilihan pertama bisa diambil. Akan tetapi, bagi yang belum punya dana memadai, tinggal tersisa opsi kedua dan ketiga.

Untuk masyarakat yang tetap bersikukuh membawa mobil pribadi, aplikasi navigasi bakal sangat memudahkan mereka mencari rute lain. Namun, tentu saja Anda harus melakukan penyetelan terlebih dahulu.

Langkah pertama, menurut penelusuran Mobil123.com pada Rabu (14/8/2019), adalah dengan memencet gambar (icon) tiga garis menumpuk di sudut kiri atas. Kemudian, pilih menu ‘Settings’.

Selanjutnya cari dan pencet kata ‘Navigation Settings’. Pada bagian ‘Route Options’, klik ‘Avoid odd-even traffic fines’.

Centang ‘Even Plate’ kalau pelat nomor mobil Anda genap. Sebaliknya, jika identitas roda empat yang Anda kendarai bernomor ganjil, centang ‘Odd Plate’.

Setelah semua itu Anda lakukan, Anda tinggal memasukkan tujuan seperti biasa. Jika ada beberapa alternatif rute, Anda tinggal memilih mana satu di antaranya yang paling membuat nyaman. [Xan/Ari]



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang