Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Teknologi Navigasi Era 1970-an Ini Mungkin ‘Nenek Moyang’ Google Maps

Berita Otomotif

Teknologi Navigasi Era 1970-an Ini Mungkin ‘Nenek Moyang’ Google Maps

INGGRIS – Jauh sebelum Google Maps atau Waze ada, pada 1970-an ternyata sudah terdapat teknologi navigasi yang tergolong canggih di eranya.

Teknologi navigasi itu, seperti dapat disimak dalam video Youtube berjudul ‘1971: Tomorrows’s World: Cassette Navigation’, berbasiskan tiga perangkat utama yaitu kaset, pemutar kaset khusus, dan control unit. Perangkat-perangkat tersebut mungkin terkesan sederhana, tapi ketiganya mampu memberikan navigasi dengan cara yang mirip Google Maps atau Waze karena bisa menyuarakan arah, jarak tempuh, dan mengingatkan pengemudi untuk belok kiri atau kanan secara presisi.

Cara kerjanya tergolong sederhana, namun sudah termasuk hebat pada zamannya. Pertama-tama, suara di kaset akan menunjukkan arah yang mesti ditempuh beserta jaraknya.

Kaset lalu mengirimkan semacam sinyal kepada control unit yang kemudian menganalisa jarak tempuh. Control unit lalu mengatur agar petunjuk selanjutnya dimainkan oleh pemutar kaset ketika arah yang diberitahukan sebelumnya sudah hampir tercapai.

Control unit itu sendiri terhubung dengan speedometer dan memiliki mekanisme pembaca jarak berupa sebuah roda kecil. Agar control unit bisa membaca jarak tempuh dengan akurat, pengemudi harus memasukkan papan sirkuit (circuit board) yang di dalamnya terdapat informasi mengenai ukuran roda mobil.

Kekurangannya dibandingkan Google Maps atau Waze tentu saja soal fleksibilitas dan kepraktisan. Ini karena pengemudi tentu harus memiliki kaset-kaset yang berbeda untuk rute berlainan.

Teknologi navigasi menggunakan kaset tersebut kemungkinan besar adalah sebuah prototipe. Akan tetapi, hal ini tetap mengagumkan di era 1970-an. 

[Xan/Ari]



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang