Cara Sederhana Hindari Embun pada Kaca Depan

Panduan Pembeli

Cara Sederhana Hindari Embun pada Kaca Depan

JAKARTA – Berikut adalah tips dalam menyiasati atau menghilangkan embun di kaca mobil dengan cara paling efektif atau mudah khususnya pada mobil tanpa AC saat hujan.

Kaca berembun ketika berkendara di tengah hujan sangat umum terjadi khususnya pada mobil tanpa AC. Embun tersebut terjadi karena ruang kabin lembab sedangkan suhu di luar kabin cenderung dingin dan membuat suhu kaca ikut menjadi dingin.  

Suhu kaca yang dingin tersebut akan mempengaruhi suhu udara di dalam kabin menjadi turun hingga di bawah titik embun uap air. Sehingga akan menimbulkan embun pada kaca bagian dalam. Nah, tips ini sangat berguna jika suatu saat AC mobil Anda bermasalah dan harus berkendara di waktu musim hujan.

Untuk mengatasi kondisi tersebut terulang, ada beberapa cara sederhana yang bisa digunakan oleh para pemilik kendaraan. Salah satunya adalah dengan mengoleskan cairan sampo atau cairan anti kabut pada kaca bagian dalam. Oleskan secara merata carian tersebut keseluruh permukaan kaca bagian dalam kemudian tunggu beberapa saat sampai cairan tersebut mulai mengering.

Setelah itu, bersihkan cairan tersebut dengan lap kain serat karbon (chamois) yang sedikit basah. Saat membersihkan sebaiknya melakukannya dengan cara searah sehingga hasil yang didapatkan akan lebih rata dan tidak membuat kaca buram.

Untuk mobil ber AC caranya jauh lebih mudah. Cukup dengan menyalakan AC dengan normal maka embun pada kaca akan hilang dengan sendirinya. Hal ini karena suhu dalam kabin tidak berbeda jauh dengan suhu di luar mobil.

Embun pada mobil memang terbilang cukup mengganggu dalam berkendara karena dapat mengurangi jarak pandang pengemudi. Kurangnya jarak pandang pengemudi ini tentu dapat menambah resiko keselamataan berkendara. Untuk itu, pengemudi harus dapat lebih berhati-hati untuk menghindari terjadinya kecelakaan.

Ada beberapa cara untuk menghindari terulangnya kembali kaca tertutup embun. Cara paling mudah adalah dengan tidak parkir ditempat yang terik dengan sinar matahari. Selain itu sebelum menyalakan AC mobil, pastikan Anda membuka seluruh kaca beberapa menit setelah mobil diparkir. [Adi/Ari]

 



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual