Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Cara Sederhana Hindari Embun pada Kaca Depan

Panduan Pembeli

Cara Sederhana Hindari Embun pada Kaca Depan

JAKARTA – Berikut adalah tips dalam menyiasati atau menghilangkan embun di kaca mobil dengan cara paling efektif atau mudah khususnya pada mobil tanpa AC saat hujan.

Kaca berembun ketika berkendara di tengah hujan sangat umum terjadi khususnya pada mobil tanpa AC. Embun tersebut terjadi karena ruang kabin lembab sedangkan suhu di luar kabin cenderung dingin dan membuat suhu kaca ikut menjadi dingin.  

Suhu kaca yang dingin tersebut akan mempengaruhi suhu udara di dalam kabin menjadi turun hingga di bawah titik embun uap air. Sehingga akan menimbulkan embun pada kaca bagian dalam. Nah, tips ini sangat berguna jika suatu saat AC mobil Anda bermasalah dan harus berkendara di waktu musim hujan.

Untuk mengatasi kondisi tersebut terulang, ada beberapa cara sederhana yang bisa digunakan oleh para pemilik kendaraan. Salah satunya adalah dengan mengoleskan cairan sampo atau cairan anti kabut pada kaca bagian dalam. Oleskan secara merata carian tersebut keseluruh permukaan kaca bagian dalam kemudian tunggu beberapa saat sampai cairan tersebut mulai mengering.

Setelah itu, bersihkan cairan tersebut dengan lap kain serat karbon (chamois) yang sedikit basah. Saat membersihkan sebaiknya melakukannya dengan cara searah sehingga hasil yang didapatkan akan lebih rata dan tidak membuat kaca buram.

Untuk mobil ber AC caranya jauh lebih mudah. Cukup dengan menyalakan AC dengan normal maka embun pada kaca akan hilang dengan sendirinya. Hal ini karena suhu dalam kabin tidak berbeda jauh dengan suhu di luar mobil.

Embun pada mobil memang terbilang cukup mengganggu dalam berkendara karena dapat mengurangi jarak pandang pengemudi. Kurangnya jarak pandang pengemudi ini tentu dapat menambah resiko keselamataan berkendara. Untuk itu, pengemudi harus dapat lebih berhati-hati untuk menghindari terjadinya kecelakaan.

Ada beberapa cara untuk menghindari terulangnya kembali kaca tertutup embun. Cara paling mudah adalah dengan tidak parkir ditempat yang terik dengan sinar matahari. Selain itu sebelum menyalakan AC mobil, pastikan Anda membuka seluruh kaca beberapa menit setelah mobil diparkir. [Adi/Ari]

 



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Senior Reporter

Pria sederhana ini tinggal Bekasi sebagai warga taat pajak. Meski selalu menghadapi panas matahari atau hujan deras hingga kemacetan luar biasa setiap harinya demi pekerjaan, namun Ia tetap menjalaninya dengan penuh rasa syukur.


Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang