Cara dan Biaya Perpanjangan STNK Motor Tahunan

Berita Otomotif

Cara dan Biaya Perpanjangan STNK Motor Tahunan

JAKARTA – Perpanjang STNK tahunan wajib untuk dilakukan agar kendaraan tetap bisa digunakan tanpa takut ditilang sekaligus ikut menyumbang pembangunan daerah.

Perpanjangan STNK ini biasanya dibarengi dengan pembayaran pajak tahunan. Proses perpanjangan surat ini terdiri dari dua waktu, yaitu tahunan dan 5 tahun sekali. Saat ini kami akan membahas cara dan biaya perpanjangan STNK motor tahunan.

Syarat perpanjang STNK tahunan

Perpanjang STNK tahunan dapat dilakukan secara online maupun datang langsung ke samsat setiap daerah. Agar tidak bolak-balik sebaiknya persiapkan segala sesuatunya (persyaratan) dengan baik.

  • Membawa KTP Asli Yang Sesuai

KTP yang wajib dibawa saat proses perpanjangan adalah dengan nama sesuai pada STNK maupun BPKP. Untuk berjaga-jaga, sebaiknya KTP yang dibawa berupa asli dan fotokopi.

  • Membawa STNK

Dokumen STNK yang asli ini wajib dibawa saat melakukan perpanjangan. Syarat perpanjangan STNK motor dan mobil yang satu ini digunakan sebagai bukti kepemilikan kendaraan.

  • Biaya Pembayaran

Sebelum melakukan perpanjangan, pemilik kendaraan wajib menyiapkan sejumlah uang untuk biaya yang harus dibayarkan. Besaran biaya perpanjangan STNK ini berbeda pada setiap kendaraan. Para pemilik kendaraan bisa mencoba mengecek kisaran biaya ini secara online.
Biaya erpanjang STNK

Prosesnya

  • Mengisi Formulir

Formulir perpanjangan STNK bisa didapatkan oleh para pengendara di loket yang ada di samsat. Pengisian formulir ini harus disesuaikan data asli dan mengacu pada syarat saat memperpanjang STNK kendaraan yang sudah dibawa oleh pemilik kendaraan.

  • Memasukkan Formulir Ke Loket

Berkas formulir yang sudah diisi secara lengkap oleh pemilik kendaraan harus diserahkan ke loket bersama dengan dokumen persyaratan perpanjangan. Setelah menyerahkan berkas ini pemilik kendaraan yang melakukan perpanjangan harus menunggu panggilan dari petugas.

Panggilan petugas ini guna menyerahkan lembaran biaya pajak yang harus dibayarkan. Antrian panggilan petugas ini biasanya akan ramai saat hari biasa. Sebab itu, apabila ingin melakukan perpanjangan STNK bisa berangkat lebih pagi supaya tidak antri.

  • Pembayaran Pajak

Biaya pajak perpanjangan ini dibayarkan melalui loket khusus yang sudah disediakan. Pelunasan pembayaran pajak ini guna mendapatkan STNK yang baru. Setelah melakukan pembayaran pajak, pemilik kendaraan bisa menunggu panggilan untuk pengesahan dan penerbitan STNK yang baru.

  • Penerimaan STNK

Tahap akhir yang dilakukan sesudah memenuhi persyaratan perpanjangan STNK adalah menunggu surat tanda kendaraan bermotor yang baru jadi. Pengesahan STNK yang baru ini disertai pengeluaran SKPD.

Biaya perpanjangan STNK tahunan

Perpanjang STNK

Dalam hal ini kami melakukan perpanjangan STNK tahunan dengan Yamaha Nmax lansiran 2015. Skutik ini memiliki nilai objek pajak sebesar Rp 322.000, dengan catatan ini merupakan pajak daerah Tangerang Selatan dan motor pertama.

Selain itu ada biaya Rp 35.000 untuk SWDKLLJ (Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan). Lalu adapula biaya administrasi STNK sebesar Rp 100.000. Pada akhirnya didapatkan jumlah keseluruhan sebesar Rp 457.000. [Dew/Idr]



Denny Basudewa

Denny Basudewa

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar