Bukan Sekedar Aksesori, Ini Fungsi Sebenarnya dari Spoiler Mobil

Panduan Pembeli

Bukan Sekedar Aksesori, Ini Fungsi Sebenarnya dari Spoiler Mobil

JAKARTA - Meski umumnya hanya dianggap sebagai pemanis biasa, spoiler pada mobil sebenarnya memiliki fungsi yang lebih dari itu.

Sejatinya sopiler memiliki fungsi yang penting, karena dapat meningkatkan performa, kestabilan berkendara dan aerodinamika mobil ketika dipacu dalam kecepatan tinggi.

Secara umum, spoiler hanya ada dua, yaitu rear spoiler dan dan front spoiler. Keduanya memiliki bentuk berbeda dengan fungsinya masing-masing.

Rear spoiler atau spoiler belakang diletakkan di pintu bagasi mobil sedan, dan di atas kaca belakang pada mobil hatchback, MPV, dan SUV. Beberapa orang menyebut rear spoiler dengan nama spoiler atap (roof spoiler).

spoiler

Bentuk spoiler belakang menyerupai sayap dan berbentuk lebih landai yang langsung menempel pada bodi.

Penggunaan spoiler di belakang mobil berfungsi untuk menahan gaya lift-up atau gaya dorong ke atas yang timbul pada kecepatan tinggi.

Spoiler belakang harus diimbangi dengan front spoiler (spoiler depan) agar saat mobil melaju dengan kecepatan tinggi akan terjadi keseimbangan yang tepat.

Spoiler depan umumnya berada di bagian bawah bumper untuk lebih mendekatkan jarak bodi ke tanah. Alhasil, dapat memperkecil aliran udara dari bawah sehingga pada kecepatan tinggi mengurangi potensi limbung.

 Apabila pemasangan hanya satu bagian saja, maka akan tetap berisiko mobil menjadi tidak stabil pada kecepatan tinggi.

Spoiler juga bisa membuat mobil menjadi lebih hemat bahan bakar. Hal ini karena dengan spoiler maka mobil akan memiliki aerodinamika dan kestabilan berkendara yang lebih baik. Ini tentunya adalah sesuatu yang tidak bisa dirasakan secara instan, namun tetap menguntungkan bagi pemilik kendaraan.

Selain itu spoiler juga bisa dipakai untuk menangkis kotoran atau partikel debu dari belakang, khususnya pada mobil jenis hatchback.

Tipe kendaraan ini sering mengalami turbulensi udara di area belakang. Turbulensi juga mengakibatkan banyaknya debu yang berputar di sekitar.  Namun, dengan adanya spoiler, turbulensi dapat dikurangi dan lebih sedikit kotoran pada kaca belakang. [Adi/Ses]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar