Buka IIMS 2021 dari Istana Negara, Jokowi: Bukti Kesiapan Gelar MotoGP

Berita Otomotif

Buka IIMS 2021 dari Istana Negara, Jokowi: Bukti Kesiapan Gelar MotoGP

JAKARTA – Presiden Joko Widodo membuka Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2021 dari Istana Negara. Pameran ini menurutnya bukti bahwa Indonesia juga siap menggelar event – event otomotif internasional lain seperti MotoGP.

IIMS Hybrid 2021 berlangsung mulai Kamis (15/4/2021) di JIExpo Kemayoran hingga 25 April 2021 mendatang. Namun, berbeda dengan sebelumnya, Jokowi—sapaan presiden—membuka pameran tersebut bukan dari lokasi event, melainkan dari Istana Negara, Jakarta dan disiarkan langsung via YouTube.

Pameran otomotif ini dilaksanakan secara daring (online) dan juga luring (offline). Di roda empat, eksebitor yang ikut adalah BMW, Daihatsu, DFSK, FIN Komodo, Honda, Jeep, MG, MINI, Mitsubishi, Prestige, Renault, Toyota, dan Wuling.

Sementara, di roda dua, merek – mereknya ialah Honda, Benelli, Husqvarna, Italjet, KTM, Kawasaki, Niu, Royal Alloy, Royal Enfield, Selis, Yamaha, Velocifero.

IIMS Hybrid 2021

Dalam kata sambutannya, Jokowi mengatakan sebenarnya ia ingin hadir langsung di lokasi pameran. Pasalnya, ingin ingin industri otomotif segera bangkit setelah diterpa pandemi Covid-19.

Pemerintah, lanjutnya, sudah memberikan insentif Pajak Penjualan Barang Mewah (PPnBM) mobil baru sejak Maret 2021 demi mendongkrak daya beli, penjualan, dan produksi kendaraan bermotor nasional.

“Namun, yang juga harus kita ingat bersama – sama kita ini masih di masa pandemi. Kita harus tetap waspada terhadap pandemi Covid-19 tapi juga kita tidak boleh berhenti gerakkan ekonomi. Tetap dengan kewaspadaan, tetap dengan kehati – hatian,” ucap dia.

Jika tidak hati – hati, kasus penularan pandemi Covid-19 dapat kembali naik. Jokowi menyebut banyak negara mengalami ini.

“Ini yang harus kita jaga karena kita ingat pada Januari kasus harian kita di angka 13, 14, 15 ribu. Dalam tiga minggu ini kita sudah di angka baik yaitu 4, 5, 6 ribu. Naik – turun di angka itu. Ini yang harus kita jaga dan terus ditekan agar berkurang,” tandasnya.

Dengan diselenggarakannya IIMS Hybrid 2021, Jokowi menilai reputasi Indonesia di dunia otomotif bisa meningkat.

“Sekaligus tunjukkan kesiapan kita untuk jadi tuan rumah penyelenggara event otomotif berskala internasional. Termasuk kesiapan kita untuk menggelar MotoGP di Mandalika (pada 2022—Red), Formula E di Jakarta dan event - event internasional lainnya,” pungkas dia.

Hendra Noor Saleh, Presiden Direktur PT. Dyandra Promosindo selaku organisator acara, berterimakasih kepada pemerintah yang memperbolehkan penyelenggaraan IIMS Hybrid 2021 dengan protokol kesehatan ketat. Menurut dia, IIMS Hybrid 2021 dilaksanakan di tengah momen yang tepat yaitu pemberian insentif PPnBM mobil baru. [Xan]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar