Borong Bitcoin, Tesla akan Jadikan Mata Uang Kripto Ini Alat Pembayaran

Berita Otomotif

Borong Bitcoin, Tesla akan Jadikan Mata Uang Kripto Ini Alat Pembayaran

CALIFORNIA – Tesla memborong bitcoin dalam jumlah besar. Mata uang kripto tersebut rencananya akan dijadikan salah satu opsi alat pembayaran untuk membeli mobil listrik mereka.

Tesla melirik bitcoin sebagai sesuatu yang amat potensial bagi profitabilitas mereka. Pabrikan mobil listrik asal Amerika Serikat tersebut, seperti dikutip dari CNBC.com pada awal pekan ini, memborong bitcoin dengan nilai setara USD 1,5 miliar (Rp 21,02 triliun, 1 USD = Rp 14.014).

Dalam dokumen yang mereka berikan kepada Securities and Exchange Commision, disebutkan bahwa langkah tersebut diambil demi ‘membuat sumber keuntungan menjadi lebih fleksibel, lebih beragam, dan maksimal’. Dijelaskan pula bahwa mereka akan menerima bitcoin sebagai alat pembayaran.

Namun rencana ini akan disesuaikan terlebih dahulu dengan segala regulasi yang berlaku. Pembayaran dengan bitcoin untuk tahap awal nanti juga dilakukan secara terbatas.

ilustrasi mata uang kripto bitcoin
Tesla berpotensi menjadi pabrikan otomotif pertama dunia yang menerima bitcoin sebagai alat pembayaran. Simpanan bitcoin senilai lebih dari Rp 21 triliun bakal memberikan Tesla likuiditas dalam mata uang kripto, saat rencana ini mereka jalankan.

Keputusan Tesla memborong bitcoin merepresentasikan investasi dalam jumlah signifikan dari uang tunai yang mereka pegang saat ini. Dalam laporan keuangan 2020, korporasi yang didirikan oleh Elon Musk tersebut memiliki uang tunai dan setara tunai berjumlah lebih dari USD 19 miliar (Rp 266,26 triliun).

Elon Musk sendiri beberapa waktu belakangan kerap mengisyaratkan dukungannya terhadap mata uang kripto. Tindak – tanduk dari orang terkaya dunia ini di Twitter menyebabkan banyak orang membeli mata – mata uang kripto seperti bitcoin maupun dogecoin, sehingga menyebabkan nilai keduanya melambung tinggi.

Elon Musk
Dua pekan lalu, misalnya, konglomerat eksentrik ini menambahkan tagar #bitcoin di bio Twitternya. Dua hari setelah itu, melalui chat side Clubhouse di media sosial tersebut Musk menyatakan dirinya merasa ‘bitcoin adalah hal yang bagus’ serta dia merupakan ‘pendukung bitcoin’.

Dia beberapa waktu lalu mengunggah gambar majalah bertuliskan ‘Dogue’ yang merupakan parodi dari majalah ‘Vogue’. Ini dianggap sebagai kode dari Musk untuk mata uang kripto dogecoin. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar