BMW Ungkap Mesin Masa Depan

Berita Otomotif

BMW Ungkap Mesin Masa Depan

JAKARTA – BMW terus memperkuat mesin berdimensi compact berkonfigurasi tiga dan empat-silinder yang kini telah memasuki generasi ketiga.

Seperti kita ketahui, BMW menatap masa depan dengan mulai meninggalkan mesin berkapasitas besar. Sebagai gantinya adalah mesin kecil namun memiliki tenaga tak kalah hebat namun memiliki efisiensi optimal.

Generasi terbaru ini digadang memiliki beberapa update, seperti pada konsumsi BBM (bahan bakar minyak) dan emisi gas buang serta disebut paling bertenaga dibanding versi mesin BMW sebelumnya.

Kadar kandungan polusi CO2 dapat tereduksi hingga 5% berikut dengan Nox dan partikel berbahaya lainnya secara signifikan. Ini terwujud berkat sistem pendingin silinder terbaru plus Selective Catalytic Reduction (SCR) pada aliran gas buang. Selain itu mesin juga mengalami peningkatan tenaga rata-rata 7 hp dan torsi di kisaran 20 Nm.

Versi mesin diesel tiga-silinder terbaru bakal dirilis dalam dua versi. Yang pertama bertenaga 95 hp dan torsi 220 Nm. Sedangkan mesin kedua dengan tenaga 114 hp dan torsi 270 Nm. Semua mesin tiga-silinder ini dilengkapi dengan balancer shaft baru yang mampu mereduksi noise dan vibrasi.

Sementara mesin diesel empat-silinder bakal dihadirkan dalam 3 pilihan. Masing-masing bertenaga 147 hp, 188 hp dan 231 hp dengan hembusan torsi 350 Nm, 400 Nm serta 450 Nm. BMW menyebutkan versi mesin empat-silinder ini dilengkapi twin-scroll turbocharging yang biasa digunakan pada high performance BMW versi diesel.

Sampai berita ini diturunkan, pihak BMW belum merilis spesifikasi dari versi mesin bensin terbarunya.

Spekulasi berkembang, mesin terbaru ini bakal digunakan pada new BMW 5 Series yang akan dilansir September mendatang. Namun pihak BMW menyangkal dan menegaskan bahwa penggunaannya baru akan dimulai pada BMW Seri 3 yang akan diluncurkan akhir 2017.

Dan di masa depan versi mesin generasi ketiga ini bakal digunakan pada seluruh model BMW dari Seri 1 hingga Seri 5. Demikian pula dengan model-model dari MINI.  [Ari/Idr]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



Krisna Arie

Krisna Arie

Senang semua benda bermesin dan beroda sejak duduk di bangku sekolah dan memulai bekerja di media dengan segmen otomotif sejak tahun 2002. Pria sederhana ini selalu percaya pekerjaan akan lebih sempurna jika didasari dengan passion.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual