BMW Tutup Pabrik dan Dealer Selama PSBB, Penjualan via Online

Berita Otomotif

BMW Tutup Pabrik dan Dealer Selama PSBB, Penjualan via Online

JAKARTA – BMW mengatakan pabrik dan dealer-dealer di Jakarta tutup selama Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Jakarta akibat pandemi virus Corona. Hal ini juga akan dilakukan di area-area PSBB lainnya.

Ramesh Divyanathan, Presiden Direktur BMW Group Indonesia, mengatakan pihaknya telah menutup aktivitas perakitan mereka di pabrik PT. Gaya Motor, Sunter, Jakarta Utara demi menaati PSBB di Ibu Kota. Adapun waktu penutupan sama persis dengan waktu penerapan PSBB yakni 10 – 23 April.

“Kami akan terus memastikan kemampuan kami beroperasi sebagai sebuah perusahaan sambil tetap memenuhi kebutuhan konsumen. Pada waktu bersamaan, kami ingin mengurangi risiko infeksi virus kepada para karyawan kami. Karena itulah kami telah mengambil langkah-langkah komprehensif menyikapi hal ini,” ucap dia dalam konferensi video peluncuran Seri 3 Touring pada Jumat (17/4/2020) sore.

Bayu Riyanto, Vice President of Sales BMW Group Indonesia, menambahkan bahwa dealer-dealer mereka di Jakarta pun tutup pada tanggal tersebut. Jumlah serta area dealer yang tutup akan meningkat, seiring semakin banyaknya area di luar Ibu Kota yang menerapkan PSBB.

Seperti diketahui, wilayah Jawa Barat yang berbatasan langsung dengan Jakarta yaitu Bogor, Depok, Tangerang telah menerapkan PSBB selama dua pekan sejak 15 April 2020. Ini akan diikuti pula oleh area Pekan Baru mulai 17 April 2020, juga Tangerang mulai 18 April 2020.

“Untuk yang enggak menerapkan PSBB seperti Jawa Tengah, Bali tetap buka seperti biasa. Tapi tentu dengan pengurangan jam kerja,” ucap dia menjawab pertanyaan Mobil123.com dalam sesi tanya – jawab.

Aktivitas penjualan di area-area PSBB dilakukan dengan cara daring (online). BMW telah membuat dan meluncurkan online official store melalui kerja sama dengan salah satu situs jual – beli.

“Saat PSBB selesai, kami akan tindaklanjuti dengan pelunasan dan pengiriman kendaraan,” sebut Bayu.

BMW telah menjadi salah satu merek otomotif di Indonesia yang amat gencar beralih ke strategi pemasaran dan penjualan online. Mereka menjadi pionir peluncuran mobil virtual di Indonesia, yaitu ketika merilis Seri 6 Gran Turismo pada pekan kedua Maret.

Online official store BMW tak hanya melayani area-area yang menerapkan PSBB. Konsumen di area yang tak terkena pun bisa memesan melaluinya. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar